BUMDes Ngaso Mandiri Terbaik 1 Dalam MAT BUMDes dan BUEK Rohul 2020

PASIRPENGARAIAN – Dalam Musyawarah Akhir Tahun (MAT) Asosiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Ekonomi Kelurahan (BUEK) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), BUMDes Ngaso Mandiri, Desa Ngaso Kecamatan Ujung Batu,  terpilih sebagai ranking 1 penghargaan ABB Rohul tahun 2020.
Dalam agenda MAT BUMDes dan BUEK yang diselenggarakan pada Selasa (23/03) di Convention Hall Masjid Islamic Center Pasir Pengaraian, tampak hadir Plt Asisten 1 Setda Rohul, Ervan Dedi Sanjaya SSTP, Kadis BPMPD Rohul, Margono, Fasilitator dan Dirut atau perwakilan BUMDes dan BUEK se Kabupaten Rokan Hulu.
Agenda yang diberi tema “Melalui ABB Rokan Hulu bersinergi” ini juga memberikan berbagai doorprize melalui sistem cabut undian kepada seluruh hadirin yang hadir saat itu.
Dalam sesi wawancara dengan Direktur BUMDes Ngaso Mandiri, Camri SE mengaku senang telah menerima penghargaan tersebut.
“Yang jelas kita merasa bangga, namun ini juga menjadi beban bagi kita untuk tetap dapat mempertahankan BUMDes Ngaso Mandiri yang lebih baik lagi kedepan,” kata Camri.
Ketika ditanyakan terkait kiat-kiat apa yang membuat BUMDes Ngaso Mandiri mendapat ranking 1 se-kabupaten Rokan Hulu, Camri mengatakan pihak BUMDes selalu melakukan komunikasi yang baik dengan pihak Pemerintah Desa.
“Kita melakukan komunikasi dengan pihak Pemerintah Desa, selain itu kita juga melakukan pendekatan secara persuasif, yakni secara kekeluargaan dengan para nasabah kita,” tambah Camri.
Sementara itu, Plt Asisten 1 Setda Rohul Ervan Dedi Sanjaya mengatakan, setiap desa memiliki potensi dalam mengembangkan Bumdesnya masing-masing.
“Kita membaca potensi yang ada di desa, dari sekian banyak desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini, saya yakin banyak Bumdes yang terbentuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan kita semua,”kata Ervan.
Selain itu, Ervan juga mengatakan kedepan BUMDes yang ada di Kabupaten Rokan Hulu juga diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk Kemajuan Desa melalui Badan usaha milik Desa ataupun Badan Usaha Ekonomi Kelurahan.
“Kita melihat, dewasa ini informasi teknologi ini sudah berkembang dengan sangat maju, kiranya dengan kemajuan informasi teknologi itu dapat kita manfaatkan dan gunakan untuk kemajuan Desa,” lanjutnya.
Selanjutnya, dengan berkembangnya BUMDes yang ada di masing-masing Desa, tentunya dapat membuat Desa tersebut lebih mandiri sesuai harapan dari Pemerintah melalui Kementerian Desa Republik Indonesia.
Untuk mengembangkan BUMDes dan BUEK di masing-masing daerah, Ervan juga berharap kepada seluruh pengurus BUMDes untuk dapat meniru Slogan ATM (amati, Toru dan Modifikasi).
“Ini adalah salah satu jalan bagi kita untuk dapat berinovasi, sehingga nanti badan usaha milik desa yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini dapat kiranya berkembang lebih maju lagi di masa yang akan datang,” tambahnya.
Selain itu Ervan juga berharap agar setiap Fasilitator dapat serius dalam memberikan pendampingan dan bimbingan dalam mewujudkan BUMDes dan BUEK yang maju dan mandiri.