Angka Kematian Akibat Covid-19 di Rohul Masih Tinggi, Tim Satgas Gelar Rapat Internal

PASIRPENGARAIAN – Mengingat masih tingginya angka kematian di Negeri Seribu Suluk akibat terpapar Covid-19, Tim Satgas Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar rapat internal, Selasa (31/08) Sore, di Ruang Posko Terpadu Covid-19 Kantor PMI Rokan Hulu, Pasir Pengaraian.
Dalam agenda rapat yang dipimpin langsung oleh Kapolres Rokan Hulu, AKBP Eko Wimpiyanto Harjito, turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Rokan Hulu, Drs Yusmar M.Si, Kepala Dinas Kesehatan, dr Bambang, Waka Polres Rohul Kompol Adi Prabowo SIK dan Kabag OPS Polres Rohul Kompol Jhon Firdaus.
Selain itu, juga hadir Kasat Intel AKP Edi Sutomo, Kasat Binmas Hermawan, Babinsa, Babinkamtibmas, serta Kapus Se Kabupaten Rokan Hulu dan petugas data Update Covid-19.
Diakui Kapolres, Eko Wimpiyanto bahwa tujuan rapat pada waktu itu untuk  mensinergikan seluruh tim satgas Covid 19 Kabupaten Rokan Hulu baik dari Polres, Kodim maupun Instansi terkait.
“Dengan pembahasan, fokus terhadap upaya yang akan dilakukan dalam menangani Covid 19, dimana seperti yang kita ketahui bahwa pada saat sekarang ini angka kematian di Kabupaten Rokan Hulu masih tinggi,” Jelasnya kepada awak media.
Dijelaskan Kapolres, dalam menurunkan angka masyarakat terpapar Covid-19, adapun upaya yang dilakukan Tim Satgas saat ini adalah dengan meningkatkan Treasing kepada warga yang terkonfirmasi positif Covid serta kepada warga lain yang melakukan kontak erat dengan pasien.
“Dan tentunya juga memastikan obat obatan yang diberikan kepada orang yang terkonfirmasi sampai kepada pasien terutama kepada pasien yang sedang menjalani Isoman,” Tambah Kapolres.
Ada tiga terfokus yang dilakukan tim Satgas Covid-19 dalam meningkatkan angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid. Yakni pertama dengan memberikan obat-obatan kepada pasien terkonfirmasi positif.
“Yang kedua melakukan penjemputan kepada pasien yang sedang melakukan Isoman dan segera dibawa ke Isolasi Terpusat,” Lanjutnya.
Sedangkan yang ketiga adalah meningkatkan vaksin yang ada saat ini dengan menargetkan 1000 orang  per hari.
Selain daripada itu, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu akan terus berupaya dalam menurunkan angka level PPKM di Kabupaten Rokan Hulu yang saat ini berada di level 3.
“Kabupaten Rokan Hulu saat sekarang ini sudah berada di level 3, dan kita akan terus berupaya menurunkannya ke level 2, 1 bahkan kembali ke zona hijau seperti semula,” Terangnya.
Demi mewujudkan itu semua, Kapolres Rohul berharap agar setiap satuan baik dari Polri, TNI, Dinas Kesehatan dan Kominfo serta BPBD Rohul agar menempatkan utusannya di Pusat Data Posko Terpadu dalam hal mengupdate data dengan cepat dan akurat.
“Hal ini dianggap penting, sehingga kita semua bisa dengan cepat mengetahui jumlah dan lokasi setiap warga yang terpapar Covid 19 dan segera bisa dengan cepat melakukan tindakan baik Treasing maupun memberikan pelayanan kepada pasien Covid 19 khususnya yang melakukan Isolasi Mandiri (Isoman),” Jelas Kapolres panjang lebar.