Atap Rumah Terbang, Pohon Ikut Tumbang Akibat Angin Kencang

PASIRPENGARAIAN – Pada Minggu (04/07) sore hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan Kota Pasir Pengararaian dan sekitarnya.
Akibatnya belasan kanopi ruko di sepanjang Jalan Tuanku Tambusai Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu terlihat rusak dan terbang dibawa kencangnya angin.
Disampaikan Rino Wahyudi, Pemilik Usaha ABC Center (Arowana Berangan Centre) di Jalan Aur Cinu, Pasir Putih Timur mengaku terkejut dengan kondisi alam yang tidak biasa tersebut.
“Kita juga sempat terkejut melihat hujan disertai angin kencang  yang begitu dahysat, bahkan warga disepanjang Jalan Tuanku Tambusai Histeris karena atap kanopi dan warung-warung kecil rusak dihantam angin, Ini merupakan yang pertama kali terjadi di Kota Pasir Pengaraian khususnya di Desa Pematang Berangan,” Ujar Wahyudi yang juga Sekretaris Pemuda Desa Pematang Berangan.
Selain merusak Kanopi ruko masyarakat, Diakui Wahyudi, hujan disertai angin kencang juga mengakibatkan beberapa pohon di sekitar Jalan Aur Cino tumbang ke bahu jalan, sehingga mengakibatkan arus lalu lintas sempat terganggu.
Senada dengan itu, Haryanto Trobos yang merupakan pemilik warung “Kopi Trobos” mengaku bahwa tempat usahanya telah rusak akibat hujan dan angin kencang yang terjadi sejak sore pukul 17.00 WIB tadi.
“Selain warung kami, warung lain di sekitar Kawasan Pematang Baih juga banyak yang rusak bahkan sempat atapnya terbang dibawa angin,” Sebut Haryanto.
“Semoga musibah yang melanda pusat Ibu kota Negeri Seribu Suluk ini tidak begitu meluas, sehingga diharapkan tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian moril maupun materil yang begitu banyak, jantung ibu kota Rokan Hulu harus tetap kuat dalam menghadapi musibah ini,”tambahnya.
Hingga berita ini diturunkan, hujan masih terlihat turun ke permukaan bumi, sedangkan angin kencang sudah mulai terlihat hilang.
Sementara dari pantauan langsung awak media Riausmart.com, satu unit tower di Simpang Tugu ikut tumbang dihantam angin kencang, sehingga mengakibatkan beberapa mobil serta pengendara sepeda motor terpaksa putar arah karena tower menghalangi ruas jalan.