Banjir Genangi Ratusan Rumah dan Sekolah di Rohul, Siswa SD dan Paud Diliburkan

PASIRPENGARAIAN – Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan air Sungai Rokan meluap hingga membuat beberapa rumah dan sekolah di Desa Sontang dan Kasang Padang Kecamatan Bonai Darussalam terendam banjir.
Memang pada beberapa hari terakhir hujan kerap terjadi pada beberapa wilayah di Kabupaten yang dijuluki sebagai Negeri Seribu Suluk itu, hal ini mengakibatkan luapan aliran sir sungai mulai memasuki permukiman warga, hingga mengakibatkan beberapa aktivitas masyarakat sempat terhenti.
Salah satu akibat yang ditimbulkan banjir ini yakni, puluhan siswa pelajar SDN 003 Bonai Darussalam hingga Paud Terpadu Kasih Bunda terpaksa dipulangkan dan diliburkan untuk sementara waktu hingga banjir mulai mengering.
Seperti yang disampaikan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR Koptu Jantri Istani bahwa derasnya air sungai yang lewat terjadi pada Rabu (30/08) sekitar pukul 01.00 WIB pagi.
“Ini air kiriman, sudah dua hari air menggenangi pemukiman warga dan fasilitas umum,” kata Jantri Istani, Kamis (31/08).
Memang, sebagai wilayah yang terletak di Hilir Sungai, lokasi ini kerap terjadi banjir, sehingga apabila musim hujan telah tiba, pemukiman warga hingga fasilitas umum akan ikut terendam banjir.
Hingga sampai saat ini, diakui Jantri petugas gabungan yang terdiri TNI Polri dan BPBD Rohul bersama pemerintah setempat masih melakukan pemantauan di lokasi banjir.
“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada apabila terjadi luapan banjir yang lebih tinggi lagi,” jelasnya.
Hingga berita ini diterbitkan, ketinggian air di lokasi telah mencapai 30-50 centi meter, namun warga setempat belum mau untuk diungsikan.
“Yang mengungsi Nihil,” katanya.