Bawaslu Rohul Terima 291 Calon Pelamar Panwascam

PASIRPENGARAIAN – Setelah dibuka dalam waktu sepekan, sebanyak 291 orang masyarakat Kabupaten Rokan Hulu terdaftar sebagai Bakal Calon Pengawas Pemilu ditingkat Kecamatan (Panwascam) pada pengawasan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.
Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir SH. MH kepada awak media Riausmart.com, Kamis (29/09).
Disampaikan Fajrul, dari 291 orang bakal calon panwascam, 219 merupakan laki-laki dan 72 orang lainnya adalah perempuan.
“Setelah ini, kita akan melakukan penelitian berkas, dimana kita akan melakukan sinkronisasi berkas para pelamar,” kata Fajrul.
Pasca ditetapkan lolos pada tahap administrasi, para pelamar atau Calon Panwascam akan mengikuti Ujian tertulis yang dilaksanakan secara Online atau CAT.
“Apabila sudah lolos, Calon pelamar akan mengikuti Ujian tertulis, khusus untuk Riau dilaksanakan secara online, sehingga para pelamar diharapkan untuk dapat mempelajari berbagai hal terkait kepemiluan,” tambahnya.
Mengingat ujian dilakukan secara online dan dapat dilakukan dimana saja, untuk meminimalisir adanya kecurangan atau calo dalam pengerjaan soal, Fajrul mengakui bahwa Bawaslu Rokan Hulu akan melakukan berbagai upaya, salah satunya pembagian sesi atau zona dalam pengerjaan Ujian.
“Untuk ujiannya nanti kita bikin persesi, guna mengantisipasi terjadinya berbagai kemungkinan kecurangan yang terjadi, InshaAllah kita akan maksimalkan nantinya,” jelasnya.
Diakui Fajrul, dalam penjaringan calon Panwascam, semuanya murni dari hasil tes tertulis dan wawancara, dimana tidak ada Intervensi dari pihak manapun dan kalau sudah ditentukan dan terpilih, Panwascam akan dilantik pada tanggal 28 Oktober 2022 mendatang.