Bupati Ikuti Syukuran Hari Kemenkumham RI ke-78

PASIRENGARAIAN – Bersama ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian, Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman turut merayakan syukuran hari Kemenkumham Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.
Dilaksanakan di Halaman Lapas Pasir Pengaraian, kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (21/08) tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, Kajari Rohul, Fajar Haryowimbuko SH MH, Kalapas Pasir Pengaraian, Bahtiar Sitepu, Kakan Kemenag Rohul, Zulkifli Syarif dan beberapa Kepala Dinas maupun Badan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu lainnya.
Dihadapan awak media, Bupati Sukiman mengucapkan selamat atas hari Kemenkumham Republik Indonesia ke-78 tahun 2023. Semoga Kemenkumham semakin maju dan semakin memperhatikan tentang Hak Asasi Manusia (HAM).
“Semoga momen yang bersejarah ini dapat menjadi motivasi kuat untuk seluruh jajaran Kemenkumham dalam menjalankan pengabdian dan tugas dalam rangka menjaga keadilan, hukum, dan hak asasi manusia di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” ungkap Bupati.
Sesuai dengan tema syukuran hari Kemenkumham ke-78 tahun 2023, yakni “kemenkumham semakin berkualitas untuk Indonesia maju”. Disampaikan Bupati, selain menjadi ajang silaturrahmi, syukuran oleh Lapas Pasir Pengaraian ini juga menjadi tempat yang tepat untuk lebih memperkuat persatuan, kesatuan, sinergitas, dan soliditas bagi seluruh pegawai Kementerian Hukum dan HAM dalam memperkuat pelayanan publik, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.
“Ditingkat daerah, khususnya di Kabupaten Rokan Hulu, kami sangat menghargai peran dan keberadaan Kemenkumham dalam usaha mendukung Pemerintah Daerah dalam memastikan hukum dan ketertiban umum tetap terjaga. untuk itu, kami berharap kiranya kerjasama yang terjalin baik antara Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu dengan Kemenkumham dapat terus berkelanjutan, lancar dan harmonis,” harap Bupati.
Dengan kerjasama dan sinergitas yang baik antara Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dengan Lapas Pasir Pengaraian, diakui Sukiman tentu akan terwujudnya pembangunan yang lebih baik, lebih adil dan merata untuk Kabupaten Rokan Hulu yang lebih maju.
Ketika ditanya terkait over Kapasitas di Lingkungan Lapas Pasir Pengaraian yang seharusnya dihuni oleh sekitar 180 WBP, namun kini justru dihuni oleh sekitar 900-an WBP, Bupati Sukiman mengaku akan mencari terobosan dan jalan keluar bersama Kalapas dalam perihal tersebut.
“Kami akan mencari solusinya sesuai dengan kemampuan kami tentunya,” sebut Bupati.
Dalam kegiatan yang sama, Bupati, Wabup bersama Kalapas Pasir Pengaraian, Bahtiar Sitepu juga memotong tumpeng bentuk syukur atas HUT Kemenkumham ke-78 tahun.