Bupati Rohul Sampaikan Ranperda RPJMD Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2021-2026

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman sampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rokan Hulu tahun 2021-2026 dalam rapat Paripurna DPRD Rokan Hulu, Senin (18/10) di Ruang Rapat DPRD Rohul.
Dalam agenda rapat Paripurna, dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu, Nono Patria Pratama SE didampingi Wakil DPRD Rohul, Hardi Chandra, Anggota DPRD Rokan Hulu serta Plh Sekda Rohul, Muhammad zaki SS, TP, dan kepala OPD Lingkungan Pemkab Rohul.
Dalam kata sambutan Bupati mengatakan bahwa RPJMD Kabupaten Rokan Hulu tahun 2021-3026 adalah untuk memenuhi kewajiban konstitusional selaku kepala Daerah sebagaimana diatur dalam undang-undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
Dalam masa kepemimpinan, Bupati Sukiman juga menyampaikan Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Rokan Hulu untuk 5 tahun ke depan.
“Visi kita yakni terwujudnya Kabupaten Rokan Hulu yang lebih maju dan berdaya saing dalam keragaman adat dan Budaya berdasarkan nilai-nilai agama menuju Masyarakat Sejahtera,” Kata Bupati.
“Diakui Bupati Sukiman bahwa Visi Pembangunan Kabupaten Rokan Hulu ini adalah menjadi arah cita-cita bagi pembangunan yang secara sistematis bagi penyelenggara Pemerintahan daerah dan segenap pemangku kepentingan Pembangunan Rokan  Hulu,” Jelas Bupati.
Untuk Mencapai Visi tersebut tambah Bupati, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu telah menetapkan Misi Pembangunan Kabupaten Rokan Hulu dalam jangka waktu lima tahun kedepan.
“Pertama, Mewujudkan kualitas sumber daya manusia cerdas dan sehat dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, kedua mewujudkan pembangunan dan pengembangan ekonomi produktif kreatif dan berdaya saing berbasis kerakyatan dan mendorong berkembangnya investasi serta Pariwisata daerah,” Sebut Bupati.
Sedangkan yang ketiga lanjut Bupati, yakni mewujudkan ketersediaan infrastruktur yang berimbang dengan membangun desa menata kota secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan tentram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda.
“Selanjutnya mewujudkan tata , Pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui pelayanan publik yang terpercaya, akuntabel dan transparan,” Tambahnya.
Bupati Sukiman mengakui bahwa Visi dan Misi Pembangunan Kabupaten Rokan Hulu selanjutnya dikabarkan dalam 8 tujuan dan 19 sasaran yang dilengkapi dengan indikator tujuan dan sasaran, 40 strategi dan 43 arah kebijakan yang diimplementasikan melalui program kegiatan pembangunan dengan indikator kinerja yang terukur.
Orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk itu juga mengakui bahwa pada 11 Oktober 2021 lalu juga telah dilakukan Musrenbang RPJMD yang mana telah disempurnakan berdasarkan hasil kesepakatan bersama hasil kesepakatan bersama yang telah disepakati bersama.
“Penyampaian rancangan Peraturan daerah merupakan tahap akhir dari rangkaian panjang penyusunan RPJMD, dimana diharapkan dapat memperoleh persetujuan bersama DPRD Kabupaten Rokan Hulu dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu,” Sebut Bupati.
Pasca penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, selanjutnya diikuti oleh Pandangan Fraksi terhadap RPJMD tersebut.