Bupati Rokan Hulu, H Sukiman Buka Secara Resmi Agenda Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman membuka secara kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Sub Bidang Juru Hitung Kuantitas di Rohul, Selasa (09/11) di Hall Islamic Center Rohul,  Pasir Pengaraian.
Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Panataan Ruang (PUPR)  Rokan Hulu (Rohul), diikuti oleh 72 peserta serta dihadiri oleh Asisten II M.Ruslan, Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Dinas PUPRPKPP Riau Bidang Bina Jasa Konstruksi, Dekan Teknik Sipil UPP, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohul, dan Kadis PUPR Rohul Anton ST MM.
Dalam amanatnya, Bupati Sukiman mengaku menyambut baik terlaksananya pembekalan dan uji sertifikasi juru hitung kuantitas, bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh.
“Kita berharap kegiatan ini memberikan kontribusi besar bagi kemajuan kualitas pembangunan daerah di masa yang mendatang,” Ungkap Bupati.
Diakui Sukiman bahwa di era globalisasi saat ini, membawa implikasi bagi pengembangan SDM yang ada, begitu juga SDM konstruksi, karena salah satu tuntutan masa kini. Yakni kemampuan agar selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi yang dibuktikan dengan sebuah sertifikasi.
“Sehingga kegiatan sertifikasi ini sangat penting peranannya untuk mencetak tenaga kerja berkualitas agar pembangunan infrastruktur di Rohul dapat berjalan lancar, sesuai dengan peraturan dan standarisasi yang berlaku,” Tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Anton ST MG mengaku kegiatan pembekalan dan Uji Sertifikasi Juru Hitung Kuantitas ini dilakukan sesuai kebutuhan juru hitung kuantitas yang memiliki sertifikat keterampilan  Kerja (SKT).
“Kegiatan yang kita laksanakan ini, bersinergi dengan amanat tertuang dalam UU nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Pesertanya mencakup kaur perencanaan perwakilan dari desa tiap kecamatan di Kabupaten Rohul yang belum memiliki sertifikat Ketrampilan Kerja Sub Bidang Juru Hitung Kuantitas,” jelas Anton.
Lanjut Anton, untuk tahap awal pembekalan dan Uji Sertifikasi Juru Hitung Kuantitas telah diselenggarakan di Kecamatan Rambah Samo, Kecamatan Tandun, dan Kecamatan Kunto Darussalam.
“Kita berharap, bagi peserta yang sudah mengikuti Pembekalan dan UJi Sertifikasi akan memiliki kemampuan dan standarisasi sebagai juru hitung kuantitas berkompeten, yang dinyatakan dengan Sertifikat Keterampilan Teknis (SKT), sehingga pembangunan yang dilaksanakan terutama melalui dana ADD dapat dilaksanakan sesuai peraturan dan standarisasi berlaku,” harap Anton.