Bupati Sukiman dan Kapolres Rohul Dampingi Kunker Wakapolda Riau

PASIRPENGARAIAN – Mengawali awal tahun 2024, Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman dampingi Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono SIK sambut Wakapolda Riau, Brigjen Pol K. Rahmadi guna melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Negeri Seribu Suluk, Selasa (02/01).
Adapun tujuan kedatangan Wakapolda Rahmadi ke Kabupaten Rokan Hulu tersebut untuk melakukan peninjauan ke lokasi banjir serta menyalurkan bantuan sembako bagi korban banjir.
Kehadiran Wakapolda Riau, Pol K. Rahmadi di Negeri Seribu Suluk disambut hangat oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman dan Kapolres Rokan Hulu, AKBP Budi Setiyono SIK serta beberapa Forkopimda Rohul lainnya.
Dalam kegiatan kemanusiaan ini, Wakapolda menyalurkan bantuan langsung kepada warga terdampak banjir. Adapun bantuan yang diserahkan mencakup 1 ton beras, 250 liter minyak goreng, 50 papan telur, 150 kotak mie instan, dan 100 paket sembako.
Diakui Wakapolda, sesuai dengan perkiraan BMKG, pada bulan Januari hingga Februari 2024, terjadi peningkatan curah hujan pada bulan Februari, dimana terdapat potensi gangguan alam terhadap jalannya pemilu, terutama di beberapa wilayah yang masih tergenang banjir.
“Kondisi banjir di beberapa wilayah, seperti Kecamatan Bonai, Tambusai Kunto Darussalam, dan daerah lainnya mempengaruhi jalannya pemilu. Akses jalan menuju beberapa desa tidak bisa dilalui, dan kami telah berdiskusi dengan Forkompinda untuk merencanakan strategi alternatif jika banjir tidak surut hingga hari pencoblosan,” jelasnya.
Dia juga menambahkan bahwa kepolisian sudah menyiapkan strategi alternatif, termasuk kemungkinan pemindahan Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta pengamanan ekstra untuk mengantisipasi gangguan yang kemungkinan bisa saja terjadi.
“Strategi ini sebagai bagian dari cooling system, bagian dari upaya kepolisian untuk menciptakan situasi pemilu yang aman dan damai. Kami ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat serta memastikan pemahaman mereka terhadap pemilu ini. Juga, cooling system ini menjadi bagian dari pengawasan terhadap anggota kepolisian untuk memastikan netralitas mereka,” paparnya.
Sementara itu, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman mengaku Pemerintah Daerah terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengatasi dampak banjir yang terjadi di Kabupaten Rokan Hulu.
“Semoga dengan langkah-langkah tanggap ini, bantuan dan penanganan yang dilakukan dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak banjir di Rohul,” kata Sukiman.
Di lokasi posko Banjir, Wakapolda bersama Bupati Rokan Hulu beserta Kapolres Rohul menyempatkan diri untuk menyapa dan berdiskusi dengan masyarakat terdampak banjir.