Bupati Sukiman Ikut Saksikan Latihan Terjun Payung Batalyon 462 Kopasgat

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus menyaksikan latihan terjun penyegaran, Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Negeri Seribu Suluk.
Kehadiran Danlanud Roesmin disambut langsung oleh Bupati Rohul H. Sukiman dan Wabup H. Indra Gunawan dan Forkompinda Rohul, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman dan Ketua GOW Rohul Hj Sri Yulita Indra Gunawan.
Diakui Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan tujuan dilakukannya terjun penyegarn untuk mempertahankan skill dan kemampuan prajurit dalam menggunakan terjun payung.
“Hari ini kita di Rokan Hulu saya bersama pak Bupati, Wabup dan Forkompinda Rohul semua kita menyaksikan Jungar (Terjun Penyegaran) bagi prajurit kita dari Komando Pasukan Gerak Cepat,” ujarnya
“Intinya dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan penyegaran kepada mereka (prajurit) untuk tetap mempertahankan skill, kemampuan dan keterampilan mereka dalam terjun payung sehingga mereka tidak melupakan dasar mereka sebagai Pasgat yang menggunakan media udara,” terang Danlanud.
Dalam menyaksikan latihan  terjun payung, Danlanud bersama Bupati Rohul dan Wabup Rohul menyaksikan latihan terjun payung oleh Batalyon 462 Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) ini dari semua jenis penerjunan, baik jenis Penerjunan Statik, Free Fall maupun Binpotdirga.
Diakui Danlanud bahwa kegiatan Terjun Penyegaran ini sengaja dilaksanakan di Rohul, mengingat mendapat dukungan dan support penuh dari Bupati Rohul H. Sukiman, sehingga melalui kegiatan tersebut dapat memperkenalkan kepada masyarakat bagaiman tugas TNI sesungguhnya.
“Kita sengaja di Rohul karena pak Bupati menyambut baik acara ini. Intinya kegiatan ini juga memperkenalkan kepada masyarakat Rohul bagaimana tugas TNI yang sesungguhnya. Bagaimana mereka mengoperasikan pesawat, mengoperasikan terjun payung, ini adalah gambaran ketika melakukan suatu operasi di medan pertempuran,” jelas Danlanud
Danlanud mengaku animo masyarakat Rohul melihat kegiatan terjun penyegaran ini cukup ramai. Ia berharap kedepan anak-anak Rohul bisa ikut bergabung untuk masuk kedunia kemiliteran.
Ia juga menjelaskan untuk anggota terjun staik sebanyak 139 orang, Penerjunan free fall 20 orang. Sementara penerjunan Statik diketinggian 1.200 sampai 1.500 kaki. Intinya Statik ini prajurit segera cepat turus kebawah, sehingga tidak menjadi sasaran tembak musuh sesuai dengan filosofinya.
Sementara itu, Bupati Rohul H. Sukiman mengucapkan syukur kehadirat Allah yang maha kuasa dimana pelaksanaan latihan Penerjunan Penyegaran oleh Prajurit TNI Angkatan Udara Pasgat yang dilaksanakan di Rohul diberikan keselamatan saat terbang maupun mendarat di Bandara Tuanku Tambusai.
“Saya atas nama Pemkab Rohul juga mengucapkan terima kasih kepada Danlanud Roesmin Nurjadin yang telah mempercayakan daerah kami Rohul tempat latihan. Bahwa latihan penerjunan itu sangat penting. Karena dalam pertempuran itu ada serangan cepat, kalau cepat itu menggunakan lintas udara melalui media udara,” ungkap Bupati Sukiman.