Curi AC Kantor KB, Dua Pemuda Berurusan Dengan Polisi

PASIRPENGARAIAN – Jajaran Polsek Kepenuhan Polres Rokan Hulu (Rohul), berhasil mengungkap Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) terhadap Satu Unit Pendinginan Ruangan (AC), Kamis (15/06) sekitar pukul 06.00 Wib.
“Dalam hal ini pihak kita berhasil mengamankan dua tersangka, yakni IS alias IM (31) dan MDA alias AM (22),” kata Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH melalui Kapolsek Kepenuhan Iptu Anra Nosa SH MH, Kamis (15/06).
Lanjutnya, Tempat Kejadian Perkara (TKP)
Kantor Balai penyuluhan KB Kelurahan kepenuhan tengah Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rohul pada Rabu 18 Januari 2023 sekitar pukul 08.30 WIB.
“Barang Bukti Satu Unit Pendingin Ruangan (AC) Indoor merk Sharp Warna Putih kode AH-A5ZCYN,” kata Kapolsek Kepenuhan.
Dijelaskan Iptu Anra Nosa SH MH, kejadian ini berawal saat Pelapor bersama Saksi II YU Tiba di Kantor Balai Penyuluhan Keluarga Berencana, di Jalan Penghulu Kelurahan Kepenuhan Tengah Kecamatan Kepenuhan dan tidak melihat lagi AC di gedung tersebut.
Saat dilakukan pemeriksaan, pelapor dan Saksi II memeriksa di Sekitar Ruangan dan menemukan Jendela serta Terali Besi Rusak, sehingga Korban pun melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Polsek kepenuhan.
Setelah menerima laporan tersebut, Iptu Anra Nosa SH MH memerintahkan, Unit Reskrim berserta Anggota Polsek Kepenuhan lainnya untuk melakukan serangkaian penyelidikan.
Pada saat itu, didapat informasi Pendingin Ruangan (AC) Indoor merk Sharp Warna Putih kode AH-A5ZCYN yang hilang di Kantor DPPKB ada di rumah salah seorang Masyarakat.
Mendapat informasi tersebut, Kapolsek Kepenuhan IPTU Anra Nosa SH MH dan Unit Reskrim Polsek Kepenuhan mendatangi rumah tersebut.
Pada saat itu ditemukan, Pendingin Ruangan (AC) Indoor merk Sharp Warna Putih kode AH-A5ZCYN tersebut sudah terpasang di Dalam Kamar Tidur.
Selanjutnya, ditanyakan kepada Penjaga Rumah tersebut milik siapa Pendingin Ruangan (AC) Indoor merk Sharp Warna Putih kode AH-A5ZCYN tersebut.
Saat itu, dijawab Penjaga Rumah tersebut milik DE, selanjutnya dicari keberadaannya, Saat itu DE berada di Polsek Bonai Darussalam ditahan dalam Perkara Narkotika.
Selanjutnya, dilakukan interogasi terhadap DE, saat itu mengaku mendapatkan Pendingin Ruangan (AC) Indoor merk Sharp Warna Putih kode AH-A5ZCYN tersebut.
Dari IS, selanjutnya dicari keberadaannya dan ditemukan di rumahnya, saat itu diamankan selanjutnya dibawa ke Polsek Kepenuhan.
Saat itu dilakukan interogasi, kemudian IS mengakui yang melakukan pencurian AC tersebut adalah dirinya dan MDA. Lalu, dicarilah keberadaan MDA hingga ditemukan di rumahnya, lalu dibawa ke Polsek Kepenuhan.
Saat itu MDA mengakui telah melakukan pencurian Pendingin Ruangan (AC) Indoor merk Sharp Warna Putih kode AH-A5ZCYN AC di Kantor DPPKB bersama dengan IS
“Tersangka dijerat dengan Pasal 363 Ayat (1) Ke-3 Ke-5 KUH Pidana, dengan Kerugian Materi (Rugmat) sebanyak Rp. 5.000.000,” pungkas Iptu Anra Nosa SH MH mengakhiri.