Ditengah Pandemi, BUMDes Mitra Usaha Mandiri Tetap Bertahan dan Eksis

PASIRPENGARAIAN – Walaupun ditengah Pandemi Covid-19, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Usaha Mandiri, Desa Rambah Samo Barat (RSB) Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tetap dapat bertahan dan eksis.
Hal ini disampaikan Direktur BUMDes Mitra Usaha Mandiri, Irwin Syahdi didampingi Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Rambah Samo Barat, Fauzi S.Pd pasca menggelar Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDes (MPTB) tahun buku 2020, Jumat (26/02) di Aula Desa RSB.
Kata Irwin untuk tahun 2020, BUMDes Mitra Usaha Mandiri berhasil mengumpulkan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp 12.376.000.
“Terdapat dua bidang usaha yang dikelola oleh BUMDes Mitra Usaha Mandiri, yakni Usaha Simpan Pinjam dan Bumserda,” jelas Irwin.
Diakui Irwin, untuk tahun 2021 ini BUMDes Mitra Usaha Mandiri akan menambah dua bidang usaha lain.
“InsyaAllah ada dua bidang usaha lain yang akan kita tambah di tahun 2021 ini, yakni unit Usaha di bidang peternakan dan perikanan,” tambah Irwin.
Senada dengan ungkapan Irwin, Ketua BPD Desa Rambah Samo Barat, Fauzi S.Pd juga mengatakan, BUMDes Mitra Usaha bersama Pemerintah Desa siap meringankan kebutuhan masyarakat ditengah Pandemi Covid-19.
“Oleh karena itu kita tambah dua unit bidang usaha lagi, yakni Unit usaha dibidang Peternakan, rencananya peternakan burung puyuh dan bidang usaha Perikanan, yakni pengembangan Ikan Nila, lele dan ikan Patin ,” jelas Fauzi.
Lanjut Fauzi, untuk tahun 2021 Pemdes Rambah Samo Barat bekerjasama dengan BUMDes Mitra Usaha Mandiri akan turut memulihkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat merosot akibat Pandemi Covid-19.
Sementara itu, Kepala Desa Rambah Samo Barat, Yarmanis Daulay mengatakan, Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat Desa Rambah Samo Barat, sehingga masyarakat kesulitan untuk mengembalikan uang yang dipinjam dari BUMDes Mitra Usaha Mandiri.
Yarmanis juga mengatakan, untuk mengembangkan BUMDes Mitra Usaha Mandiri, Pemdes Rambah Samo Barat selalu memberikan support dalam bentuk penyertaan modal dari Pemerintah Desa.
“Sama seperti di tahun tahun sebelumnya, Pemerintah Desa Rambah Samo juga akan melakukan penyertaan modal untuk BUMDes Mitra Usaha Mandiri,” jelas Kades.