Fhatanalia Putra : Pembaca Al-Quran Tetap Menjadi Pemenang

PASIRPENGARAIAN – Walaupun tidak mendapatkan Juara Umum pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XLI tahun 2023 tingkat Provinsi Riau seperti harapan sebelumnya, namun tidak membuat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berkecil hati atau bersedih atas pencapaian yang telah berhasil diraih.
Hal ini diungkapkan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman diwakili Asisten I Setdakab Rohul, Fhatanalia Putra, Senin (20/11) saat dihubungi oleh awak media Haluan Riau.
Dalam pengakuan Fhatanalia, walaupun tidak mendapat juara seperti yang diharapkan sebelumnya, namun Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu tetap merasa bangga dan mengapresiasi atas kerja keras dan kegigihan para Kafilah untuk mengharumkan nama Negeri Seribu Suluk, Rokan Hulu.
Karena menurut Fhatanalia, para Kafilah asal Rokan Hulu telah berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam ajang MTQ Tingkat Provinsi Riau XLI yang dilaksanakan di Indragiri Hulu (Inhu), Rengat, sedangkan untuk hasilnya diserahkan kepada Allah dan dewan Juri.
“Kita tetap bersyukur dengan apa yang telah kita raih, ini tentu menjadi penyemangat kita untuk di masa yang akan datang, sehingga para Kafilah akan dapat lebih gigih dan bersemangat dalam mengikuti perhelatan MTQ tingkat Provinsi maupun Nasional nantinya,” kata Pria yang memiliki senyum lebar itu.
Disampaikan Fhatanalia, sebelum pelaksanaan perhelatan MTQ XLI tingkat Provinsi Riau di Inhu, dia kerap berpesan kepada para Kafilah asal Rohul untuk meniatkan di dalam hati masing-masing, agar membaca Al Quran dengan penuh Ikhlas dan rasa syukur, agar penampilan yang diberikan dapat lebih maksimal.
“Saya sudah sering sampaikan kepada para Kafilah kita untuk membaca Al Quran secara Ikhlas, karena pada hakekatnya, yang membaca Al Quran itu sudah menjadi pemenang, sedangkan mendapat juara, itu adalah Bonus,” tambahnya.
Yang lebih menyenangkan dalam pelaksanaan MTQ XLI tingkat Provinsi Riau, disampaikan Fhatanalia, bahwa seluruh Kafilah adalah putra putri asal Rokan Hulu sendiri yang berjuang demi mengharumkan nama baik Negeri Seribu Suluk di tingkat Provinsi Riau.
“Dan kita juga bangga, pada pelaksanaan Pawai Ta’aruf pembukaan MTQ XLI tingkat Provinsi Riau, Kabupaten Rokan Hulu adalah peserta pawai terbanyak dan terpanjang, hal ini membuktikan bahwa sebagai Negeri Seribu Suluk yang identik dengan agama Islam, masyarakatnya juga cinta akan Al-Quran,” tambahnya.
Untuk dapat kembali meraih angka lima besar dalam ajang perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau pada periode tahun-tahun sebelumnya, Fhatanalia mengaku Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu akan memfokuskan pelatihan kepada para Kafilah dari beberapa cabang perlombaan yang sempat mendapatkan juara Harapan.
“Ada 17 cabang perlombaan yang kita mendapatkan juara Harapan, dan kita melihat ada peluang untuk mendapatkan juara pada tahun depan,” jelasnya.
Walaupun tak mendapatkan juara, Fhatanlia tetap berharap kepada para Kafilah untuk tetap bersemangat dalam membaca dan mengamalkan Al Quran, karena pada hakekatnya Al Quran adalah pedoman hidup bagi kita umat Islam.
Sebagai informasi, dalam perhelatan MTQ XLI tingkat Provinsi Riau Kabupaten Bengkalis berhasil menjadi juara umum dengan nilai 82 poin, disusul Pekanbaru 64 poin, Rokan Hilir 53 poin, Indragiri Hilir 42 poin, Dumai 39 poin, Kampar 37 poin, Pelalawan 36 poin, Rokan Hulu 23 poin, Kepulauan Meranti 21 poin, Indragiri Hulu 20 poin, Siak 20 poin dan Kuantan Singingi 17 poin.