Gelar Halal Bihalal, Berikut Makna Lebaran Bagi Sekda Rohul

PASIRPENGARAIAN – Masih dalam Bulan Syawal 1443 H, Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul), M Zaki menggelar Halal Bihalal di rumah Dinas Sekda Rohul, Selasa (10/05) Pasir Pengaraian.
Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tamu undangan dari kalangan Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu tampak hadir di rumah Dinas Sekda Rohul yang terletak di Kelurahan Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah.
Dijelaskan Sekda Rohul M Zaki bahwa agenda Halal Bihalal di Rumah Dinas Sekda merupakan ajang silaturrahmi dengan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
Ketika ditanya terkait makna lebaran, M Zaki mengatakan bahwa hari Raya Idul Fitri memiliki makna yang mendalam, dimana kita sebagai umat islam menahan hawa nafsu, makan dan minum selama sebulan, setelahnya kita rayakan dengan kemenangan iman dihari nan Fitri.
“Setelah berhasil menundukkan hawa nafsu selama sebulan, selanjutnya kita rayakan dengan kemenangan yakni kembali ke fitrah,” sebut Sekda.
Lanjut Sekda, Hari Raya Idul Fitri juga dapat dijadikan sebagai ajang memperbaiki hubungan antara sesama, dimana kita saling bermaaf-maafan, membersihkan segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah dibuat dimasa lalu.
“Selain menyempurnakan hubungan kepada Allah SWT, yakni Hablun Minallah, di hari nan Fitri dan dibulan Syawal yang baik ini kita juga dapat menjaga hubungan secara horizontal atau Hablun Minannas, sehingga hubungan keduanya tetap dapat kita Jaga, demi mencari keridhoan Allah SWT,” sebut M Zaki.
Tambah Zaki lagi, selagi di bulan Syawal ini, marilah kita berdoa bersama-sama, semoga Pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga kita dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala.
“Dan mari kita berdoa semoga dibawah kepemimpinan Bupati Rokan Hulu, yakni H Sukiman, Kabupaten Rokan Hulu bisa dapat semakin maju dan Jaya,” pungkasnya.