Gerak Cepat, PMI Rohul Dirikan Posko Logistik dan Dapur Umum Bagi Korban Banjir

PASIRPENGARAIAN – Gerak cepat atas peristiwa bencana banjir yang terjadi di Negeri Seribu Suluk, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dirikan posko Logistik dan dapur umum bagi korban bencana banjir.
Hal ini disampaikan Ketua PMI Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Hj Peni Herawati Sukiman kepada awak media Riausmart.com, Rabu (27/12).
Disampaikan Hj Peni, bahwa musim penghujan pada saat sekarang ini mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa wilayah di Republik Indonesia, termasuk di dalamnya Kabupaten Rokan Hulu provinsi riau yang dijuluki juga sebagai Negeri Seribu Suluk.
“Betul sekali, buktinya beberapa wilayah di Kabupaten Rokan Hulu saat ini dilanda banjir dan kita sebagai Palang Merah Indonesia harus cepat tanggap atas hal ini untuk membantu saudara kita yang dilanda banjir,” kata wanita berparas lemah lembut tersebut.
Untuk membantu masyarakat terdampak banjir, Peni mengakui Palang Merah Indonesia Kabupaten Rokan Hulu telah mendirikan beberapa Posko bantuan dan Dapur umum yang difungsikan sebagai tempat untuk evakuasi warga terdampak banjir.
“Posko dan dapur umum yang kita dirikan itu ada di lima tempat, yakni di Tulang Gajah, kampung terendam, desa babussalam, Simpang Universitas Pasir Pengaraian dan simpang kumu ,” jelasnya.
Lima lokasi tersebut dipilih Hj Peni karena merupakan lokasi terdampak banjir terparah sejauh ini sehingga tim PMI dapat membantu segala hal yang dibutuhkan oleh masyarakat korban banjir.
“Sebenarnya masih ada beberapa tempat lain yang terdampak banjir, dan kita mulai dari sini, selanjutnya kita akan melakukan peninjauan ke tempat banjir lainnya yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” sebutnya.
Selain mendirikan Posko Logistik dan Dapur umum, istri dari Bupati Rokan Hulu itu juga menjelaskan bahwa PMI Kabupaten Rokan Hulu juga menyediakan bahan sembako seperti minyak makan 1 karton, air mineral 25 karton dan mie instan 25 karton sebagai persediaan masyarakat korban banjir di Tulang Gajah.
“Sementara itu, untuk di Simpang UPP, tepatnya di Desa Rambah, kita menyediakan 1 Karung Beras berisi 20 Kg, Mie Instant sebanyak 25 karton, telur 3 papan dan air mineral 15 karton bagi korban banjir,” jelasnya.
“Di posko, kita juga menyediakan pengobatan gratis bagi masyarakat terdampak banjir,” tambahnya.