Hari Ini 66 Desa Se Rohul Laksanakan Pilkades Serentak

PASIRPENGARAIAN – Tepat pada hari ini, Kamis (08/12), 66 Desa se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022.
Seperti yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana Pilkades serentak tingkat Kabupaten Rokan Hulu, Fhatanalia Putra mengatakan, awalnya Pilkades serentak tahun 2022 berjumlah 69 Desa yang tersebar di 15 Kecamatan, Namun dikarenakan adanya 3 Desa yang ditunda pelaksanaan Pilkades nya, maka Desa yang memenuhi syarat untuk melaksanakan Pilkades serentak Tahun 2022 ini menjadi 66 Desa di 14 Kecamatan.
“Adapun ketiga Desa yang ditunda pelaksanan Pilkadesnya yakni, Desa Kasang Mungkal Kecamatan Bonai Darussalam, Desa Kepenuhan Hilir Kecamatan Kepenuhan dan Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah,” jelasnya.
Diakui pria yang akrab disapa Fatah itu, dalam pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 se Kabupaten Rokan Hulu, ada sebanyak 167 orang Calon Kepala Desa yang memenuhi persyaratan, yang terdiri dari 161 adalah Calon Kepala Desa Laki laki dan 6 diantaranya adalah Calon Kepala Desa Perempuan.
“Sedangkan untuk Jumlah TPS yang telah ditetapkan keseluruhannya berjumlah 531 TPS dan Jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT yang telah ditetapkan oleh masing masing Panitia Pilkades, keseluruhannya berjumlah 157.469 orang Pemilih,” jelas Fatah lagi.
Untuk pembiayaan, disampaikan Fatah bahwa Pemerintah Kabupaten melalui BPKAD Kabupaten Rokan Hulu telah menganggarkan Dana Bantuan yang bersumber dari dana Perubahan APBD Kabupaten Rokan Hulu Tahun Anggaran 2022, yang keseluruhannya berjumlah Rp. 7.038.866.000.
“Dengan besaran bantuan keuangan setiap Desa telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Rokan Hulu,” ungkap Fatah.
Fatah menjelaskan sejauh ini pelaksanaan tahapan Pilkades serentak tahun 2022 se Kabupaten Rokan Hulu telah berjalan lancar dan damai sesuai dengan harapan kita bersama, dimana sebelumnya juga telah dilaksanakan Deklarasi Damai dan Shalat Hajat yang dilaksanakan di Masjid Islamic Center Rokan Hulu.
“Yang mana tujuan dari shalat Hajat itu sendiri, kita meminta kepada Allah, agar pelaksanaan tahapan Pilkades serentak se Rohul ini dapat berjalan lancar hingga dapat ditentukan siapa Kades terpilih dari masing-masing Desa,” pungkas Fatah.