Himarohu Riau Padati Kantor Bupati Rohul, Tuntut Beasiswa Untuk Mahasiswa, Bukan Untuk ASN

PASIRPENGARAIAN – Belasan hingga puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Rokan Hulu (HIMAROHU-Riau) menggelar aksi damai di Depan Kantor Bupati Rokan Hulu, Senin (25/10) sekira pukul 14.30 WIB.
Di depan pagar Gedung Kantor Bupati Rohul, Mahasiswa menyampaikan aspirasinya sambil memegang karton dengan berbagai tulisan.
Dalam aksi, Ketua Himarohu Riau, Wirandi mengungkapkan 6 pernyataan sikap dalam pelaksanaan aksi damai tersebut.
“Adapun yang pertama, kami meminta kepada Pemkab Rohul untuk memperhatikan pendidikan yang ada di kabupaten Rokan Hulu dan meminta Bupati Rokan Hulu untuk membuat Perbup terkait beasiswa untuk mahasiswa Kabupaten Rokan Hulu,” Jelas Wirandi.
Selain daripada itu, Mahasiswa juga meminta kepada Bupati Rokan Hulu menghapus Perbup Rokan Hulu nomor 14 tahun 2020 tentang pedoman pemberian tugas belajar dan izin belajar bagi pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
“Tentunya kami sebagai mahasiswa sangat kecewa dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, dimana beasiswa tidak diperuntukkan bagi Mahasiswa, namun malah diberikan kepada ASN,” sebutnya.
Mahasiswa Rohul juga meminta kepada Bupati Rokan Hulu untuk memperhatikan di bidang kesehatan, dimana banyak fasilitas dan prasarana kesehatan yang belum memadai serta buruknya pelayanan kesehatan di kabupaten Rokan Hulu.
“Sedangkan tuntutan kami yang lain, yakni meminta Bupati Rokan Hulu untuk memperhatikan desa-desa yang belum memiliki fasilitas jaringan dan infrastruktur yang belum memadai dan meminta kepada Pemkab Rohul jeli melihat korporasi-korporasi dalam mengalokasikan CSR yang wajib dikeluarkan kepada masyarakat sesuai dengan UU nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan IsBs (UU PT) dan peraturan pemerintah nomor 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas (PP 47/2012),” Wirandi menambahkan.
Menindaklanjuti aksi damai yang dilakukan oleh Himarohu Riau, Asisten III, Edi Suherman menghampiri lokasi aksi dan menjelaskan bahwa Bupati, H Sukiman dan Wakil Bupati H Indra Gunawan serta PJ Sekda, Muhammad Zaki tidak berada di lokasi, sehingga seluruh aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa akan ditampung terlebih dahulu dan selanjutnya akan disampaikan kembali kepada Bupati Rokan Hulu nantinya.
“Kebetulan Bupati tidak berada di lokasi, beliau berada di Kota Pekanbaru mengikuti rapat bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, sedangkan pak Wakil Bupati, sedang mengikuti agenda di Kecamatan Rokan IV Koto,” Pungkasnya.