Ibnu Ulya : Pemkab Rohul Akan Terus Berinovasi

PASIRPENGARAIAN – Melalui Innovative Award Kabupaten Rokan Hulu tahun 2024, Bupati Rohul, H Sukiman diwakili Asisten II Setda Rohul, Drs Ibnu Ulya berharap Kabupaten Negeri Seribu Suluk dapat terus berinovasi, meningkatkan kualitas pelayanan, dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat untuk Rokan Hulu yang lebih maju.
Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi lomba Innovative Award Kabupaten Rokan Hulu yang dibuka secara langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman diwakili oleh Asisten II Setda Rohul, Drs Ibnu Ulya, M.Si, Selasa (21/05).
Turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Convention Hall Masjid Islamic Center Rokan Hulu tersebut, kepala bidang inovasi dan teknologi BPP Kota Pekanbaru, Yudi Adrian, S.P, M.P, Kepala Bappeda Rohul, H Drs Yusmar M.Si, beberapa Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Camat sekaligus Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu lainnya.
Disampaikan Asisten II Setda Rohul, bahwa inovasi daerah menjadi hal yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah.
“Setiap inovasi daerah tentu harus diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui tiga pilar utamanya, yaitu peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah,” kata Ibnu Ulya.
Mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rokan Hulu tersebut juga menjelaskan bahwa inovasi tidak selalu harus berkaitan dengan teknologi atau aplikasi yang canggih, melainkan langkah sederhana yang dapat memberikan manfaat, serta memenuhi prinsip-prinsip inovasi tentu juga dapat dikatakan sebagai sebuah inovasi daerah. ,
“Salah satunya, seperti inovasi mendaur ulang limbah karton minuman menjadi mebel, partikel board, atau bahan bangunan. inovasi seperti ini tidak hanya mampu mengatasi masalah limbah, tetapi juga akan menciptakan peluang lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, sekaligus mampu menjadi solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk berbagai permasalahan yang ada ditengah masyarakat,” sebutnya.
Dalam hal ini, diakui Ibnu Ulya butuh kerjasama dan kolaborasi dengan semua pihak dan melibatkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.
“Karena inovasi bukanlah hasil kerja satu pihak saja, melainkan buah dari sinergi yang harmonis antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta” tambah Ulya.
Melalui pelaksanaan sosialisasi Innovative Award Kabupaten Rokan Hulu tahun 2024 ini, Ulya berharap Rokan Hulu dapat bersama-sama menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada menjadi inovasi yang dapat memberikan.
“Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam menciptakan dan mendukung berbagai inovasi yang dapat memberikan manfaat besar bagi Kabupaten Rokan Hulu,” pungkasnya.