Jadi Buah Bibir Masyarakat, Batik Khas Rohul Semakin Diminati

PASIRPENGARAIAN – Guna mempermudah masyarakat untuk mendapatkan batik khas Kabupaten Rokan Hulu, PERUMDA Rokan Hulu Jaya (RHJ) buka galeri di Lantai Dasar No 7 Pasar Modern, Jalan Tuanku Tambusai Kecamatan Rambah, Pasir Pengaraian, Rohul.
Diakui Direktur Umum PERUMDA Rokan Hulu Jaya, Marjeni, bahwa Galeri batik khas Kabupaten Rokan Hulu tersebut telah dibuka sejak Senin (13/09/2021) yang lalu.
“Adapun tujuan dibukanya Galeri Batik Khas Rokan Hulu ini, sebagai tempat untuk memberikan contoh batik yang diproduksi oleh PERUMDA Rokan Hulu Jaya,” Jelas Marjeni didampingi oleh Fitria Ruliani Direktur Produksi, Kamis (23/09).
Dengan adanya Galeri ini tambah Marjeni, sehingga masyarakat luas dapat melihat secara langsung batik khas Kabupaten Rokan Hulu yang saat ini tengah menjadi tranding topik ditengah-tengah masyarakat.
“Ada tiga jenis batik khas Kabupaten Rokan Hulu yang kita produksi dan jual, yakni Sicuring, Suluo kekaik dan sesuli banja yang saat ini laris terjual dan dipesan oleh masyarakat baik dari dalam maupun luar Rokan Hulu,” Kata Marjeni.
Pasca dilaunching pada 6 Juli 2021 lalu lanjut Marjeni, Perkembangan pemasaran Batik Rokan Hulu sangat menggembirakan, animo masyarakat, Pemda dan DPRD Rohul sangat luar biasa.
“Batik Rokan Hulu sudah mulai dipakai secara luas oleh masyarakat, Pemda dan DPRD, Bahkan Bupati Rohul H.Sukiman juga sudah memakai Batik Rohul sebagai Pakaian Dinas Bupati setiap hari Kamis, dan diharapkan semua ASN tentunya juga dapat membeli batik khas Rokan Hulu ini sebagai bentuk kecintaan kita terhadap produk-produk lokal,”kata Marjeni.
“Selain Dinas di Pemda, kalangan perbankan dan Guru guru sekolah di Rohul berlomba lomba membeli batik Rohul untuk dijadikan seragam batik mereka, Batik Rohul produksi Perumda RHJ makin laris manis karena selain untuk dipakai sebagai seragam juga sering di borong oleh Pemda, bahkan Wagubri dan Perbankan juga sudah mengambil untuk cindera mata atau oleh oleh buat para tamunya,” Tambah Marjeni lagi.
Selain dari Batik, Marjeni juga mengakui bahwa di Galeri Batik Rohul juga dipasarkan Tanjak Rohul Buah Karya Pengrajin Tanjak Rohul antara lain H.Yusri ST, M.Si dan Ismail Amkaz dan beberapa pengerajin Tanjak lainnya.
Masih ditempat yang sama, Emi Gusmida salah seorang yang pembeli mengaku sangat menyukai batik khas Kabupaten Rokan Hulu.
“Iya sangat suka, luar biasa, sangat indah, seluruh warnanya sudah menggambarkan identik dari melayu itu sendiri,” Kata Emi.
Dalam pengakuannya, Emi yang merupakan salah seorang anggota Parpol tersebut mengatakan berencana akan membeli kain batik khas Rokan Hulu dengan jumlah besar.
“Mau nego dulu nih, karena warnanya juga bagus dan bisa untuk dijadikan baju seragam juga, InsyaAllah kedepan kita mau kerjasama juga dengan Perumda RHJ untuk ambil banyak,” Tambah Emi sambil tertawa kecil.