Kembangkan SPBE, Bupati Sukiman Tekan MoU Dengan Pemkab Sumedang

PASIRPENGARAIAN – Pasca sebelumnya Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Rokan Hulu melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sumedang pada beberapa waktu lalu, out put dari kegiatan tersebut berakhir pada penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dengan Pemerintah Sumedang.
Didampingi beberapa Kepala OPD terkait seperti Sekdakab Rohul Muhammad Zaki, S.STP, M. Si, Kadis kominfo H. Syofwan, S. Sos, Kadis Munandar, SE,MM, PLT Kadis DPMPD Prasetyo, Kabag Adwil Muhammad Franovandi S.STp, M.Si, dan Sekretaris Bappeda Arie Kurnia Arnold SSTP MSc, Bupati Sukiman mengaku adapun tujuan kerjasama dan studi tiru ke Pemerintah Sumedang pada waktu itu yakni untuk mempelajari platform Indonesia Digital Services Living Lab dalam rangka implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government.
“Adapun kedatangan kita ke Sumedang waktu itu yang pertama tentu melakukan kunjungan kerja sekaligus study tiru yang dilaksanakan selama 3 hari kerja dimulai 7 sampai 9 Februari 2023,” kata Bupati Sukiman.
Diakui Sukiman, pada saat sekarang ini ada tiga Keistimewaaan yang dimiliki oleh Kabupaten Sumedang yang kini dikenal ditingkat Nasional. Yang mana pertama yakni adanya Kampus IPDN, kedua makanan khas Tahu Sumedang dan yang ketiga yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
“Oleh karena itu, kita melakukan studi tiru ini untuk mempelajari penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang nantinya akan diaplikasikan di Kabupaten Rokan Hulu,” kata Bupati.
Selain daripada itu, H. Sukiman juga mengaku, pihaknya datang jauh-jauh dari Kabupaten Rokan Hulu ke Sumedang untuk berguru terkait penanganan stunting dan kemiskinan dengan menggunakan teknologi digital dan pengolahan big data.
“Mudah-mudahan, Pak Bupati Sumedang bisa menambahkan bekal ilmu untuk kita semua,” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir yang saat itu baru saja melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama SPBE dengan Bupati Rokan Hulu mengatakan bahwa pihaknya siap mentransfer knowledge super apps Sumedang kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
“Tentunya sekaligus melakukan rekayasa aplikasi tersebut untuk dilakukan kustomisasi dan di integrasikan dengan super apps milik Rokan Hulu yakni Rokan Hulu Smart Access (ROSA),” jelasnya.