Komitmen Cegah Karhutla, PT SLL Bangun Embung Air

PASIRPENGARAIAN – Sebagai langkah pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), PT Sumatera Sylva Lestari (SLL) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sei Kumango merealisasikan pembuatan embung air sekaligus berfungsi sebagai sumber air pertanian Desa Sei Kumango Kecamatan Tambusai.

“Pembuatan embung air tersebut merupakan komitmen bersama yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten, Kapolres Rokan Hulu dengan melibatkan PT SSL bersama pemerintah Desa Sei Kumango saat melaksanakan panen perdana padi program kampung tangguh. “Kata Suherman selalu Manajemen PT SLL, Senin (31/5).

Guna merealisasikan pembuatan embung, manajemen perusahaan mengerahkan alat berat berupa 1 unit excavator dan bekerja sama dengan masyarakat.

Sebelum pembuatan embung sebagai cadangan air untuk mengantisipasi karhutla dan irigasi pertanian sambung Herman, PT SLL juga telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa hewan ternak indukan sapi untuk Desa Sei Kumango dan bantuan material pembangunan Masjid di Desa Tangun.

“Dalam tahun ini, sudah ada tiga Desa yang sudah terealisasi program pemberdayaan masyarakat dari perusahaan. Harapan kita, seluruh wilayah Desa yang berada di sekitar perusahaan dapat tersalurkan program pemberdayaan masyarakat,” Pungkas Herman

Kepala Desa Sei Kumango, Ali Husin Hasibuan mengatakan program Embung Air sangat bermanfaat sebagai langkah antisipasi pencegahan karhutla dan cadangan air untuk irigasi pertanian di wilayah Desa Sei Kumango.