Melalui Program “One Day One Prison’s Product” WBP Jual Hasil Produksi Kemandirian

PASIRPENGARAIAN – Melalui program “One Day One Prison’s Product”, Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas kelas IIB Pasir Pengaraian produksi hingga jual hasil tani ke masyarakat.
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasir Pengaraian tampaknya begitu serius dalam memberi pembinaan kepada warga binaan di balik jeruji besi. Hal ini terbukti dengan banyaknya program, pelatihan dan skill baru yang diberikan khusus bagi WBP sebagai bekal apabila nanti sudah kembali ke Keluarga mereka masing-masing.
Bersempena dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 tahun ini, WBP menjual produk hasil karyanya tersebut kepada pegawai Lapas dan masyarakat umum yang dilaksanakan di dalam areal Lapas Pasir Pengaraian.
Adapun hasil produksi oleh WBP yang paling banyak dibeli oleh masyarakat diantaranya adalah telor bebek dan sayur mayur, dimana masyarakat tampak begitu antusias membeli produksi hasil Narapidana Lapas tersebut.
“Selain Telor dan Sayur-mayur, masih ada hasil dari pelatihan kemandirian Warga Binaan lainnya yang di dijual oleh WBP pada kegiatan kali ini,” jelas Kalapas Bahtiar Sitepu, Selasa (04/04).
Diakui Kalapas, program “One Day One Prison’s Product” bertujuan untuk menjual produk hasil karya Narapidana, yang mana nantinya akan mendorong produktivitas Warga Binaan Pemasyarakatan melalui pembelian yang dilakukan oleh petugas dan Masyarakat umum.
“kegiatan ini juga memiliki maksud untuk mempromosikan produk produk ataupun hasil karya dari warga binaan pemasyarakatan. Sehingga nantinya tidak hanya petugas saja yang dapat merasakan produknya, akan tetapi juga masyarakat luar,” tambahnya.
Bahtiar mengaku akan terus mendukung warga binaan agar menjadi pribadi yang produktif, salah satunya dengan memberikan wadah untuk berkreasi kemudian membeli hasilnya.