Membanggakan, Desa Aliantan Rohul Masuk Dalam ADWI 2021

PASIRPENGARAIAN – Selain terkenal dengan julukan Negeri Seribu Suluk, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) juga dikenal sebagai Kabupaten dengan panorama dan objek wisata alam yang indah dan asri.
Setelah salah satu Objek Wisata alam yakni Suligi Hill Aliantan meraih Juara 1 Anugerah Pesona Indonesia (API) tingkat Nasional pada tahun 2019 silam, pada tahun ini Desa Aliantan Kabupaten Rokan Hulu justru ditetapkan dan masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Menteri Pariwisata dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.
Hal ini tentu sempat mengejutkan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Rokan Hulu, terkhusus warga Desa Aliantan.
Dalam pengumuman Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno merilis 300 besar Desa wisata yang masuk dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021.
Desa Aliantan Kabupaten Rokan Hulu ditetapkan sebagai salah satu dari 8 Desa/Kota se Provinsi Riau yang masuk dalam Penganugerahan Desa Wisata tersebut.
Fhoto diambil dari Instagram @bukitsuligi
Adapun 8 Desa Wisata di Riau yang masuk dalam ADWI 2021 adalah Desa wisata Aliantan, Kabupaten Rokan Hulu, Desa Wisata Teluk Rhu, Kabupaten Bengkalis, Desa wisata Koto Mesjid, Kabupaten Kampar, Desa Wisata Bangko Mukti, Kabupaten Rokan Hilir, Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak, Desa wisata Tabing Tinggi Okura, Kota Pekanbaru, Desa wisata Bono, dan Desa wisata Kuala Terusan, di Kabupaten Pelalawan.
Mengetahui hal ini, Kepala Desa Aliantan, M Rois Zakaria SE mengaku bersyukur karena Desa Aliantan bisa mewakili Kabupaten Rokan Hulu dalam ADWI 2021.
“Ini merupakan momentum baik untuk mempromosikan Wisata Rohul dikancah Nasional, Kita berharap dengan masuknya Desa Aliantan dalam Desa Wisata Indonesia, ada perhatian khusus Pemerintah Pusat dalam menunjang infrastruktur, sarana dan prasarana objek wisata khususnya di Desa Aliantan,” harapnya, Minggu (22/08).
Diakui Rois, pembangunan infrastruktur seperti semenisasi tangga dan tanaman bunga di sekitar Bukit Suligi Hill adalah yang paling urgen untuk dilakukan, hal ini demi menarik pengunjung wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal untuk datang ke Bukit yang dijuluki “Negeri di atas Awan” tersebut.
Lanjut Rois, bahwa dalam data objek wisata Desa yang dikirim ke Pusat mencakup Objek Wisata Bukit Suligi Hill 812 MDPL, Air Terjun Goa Garuda dan Kolam Renang anak-anak.
“Jumlah Goa yang kita miliki sebenarnya 11 Goa, yang baru kita Explore baru satu Goa yaitu Goa Garuda, Air Terjun ada 11 titik dan yang baru kita Explore yaitu Air Terjun Sikubin tiga tingkat sedangkan yang lainnya akan segera menyusul,” jelas Rois.
Fhoto diambil dari Instagram @bukitsuligi
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan bahwa ada 41 Desa wisata di Riau yang ikut serta ADWI 2021. Namun, hanya 8 desa wisata yang berhasil lolos kurasi.
“Dewan kurator telah melakukan terhadap 7 kategori penilaian yakni, CHSE, Toilet, Souvenir (Kuliner, Kriya, Fesyen), Homestay, Daya Tarik Wisata, Digital dan Konten Kreatif. Alhamdulillah ada 8 Desa wisata di Riau yang lolos dari penilaian,” ujar Kadispar Riau, Roni Rakhmat.
Roni Rakhmat juga memaparkan bahwa Riau memiliki 1.859 desa/kelurahan. Dari jumlah ini, sebanyak 121 Desa telah dicanangkan sebagai desa wisata dengan kategori alam, budaya, ekonomi kreatif, buatan, dan dengan produk wisata atraksi, edukasi, kuliner dan lainnya.