MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI ERA GLOBALISASI YANG SEMAKIN MARAK BAGI KALANGAN REMAJA

RIAUSMART – Dari beberapa masalah tentang maraknya kenakalan Remaja di era Globalisasi, Mulai mendapat Perhatian Masyarakat secara khusus, Sejak terbentuknya pradilan untuk anak-anak nakal.Kenakalan adalah wujud dari konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun masa remaja. Kenakalan Remaja menjadi hal yang harus di waspadai karena seiringnya Perkembangan zaman modern, yang mana masa remaja adalah dimana masa seorang manusia sedang berada di dalam pencarian jati dirinya sendiri.

Kenakalan remaja itu sendiri merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal, Di sisi lain Kenakalan Remaja mempunyai dampak yaitu contohnya saja pada keluarga menyebabkan ketidakharmonisan dan terputusnya komunikasi antara anak dan orang tua ( keluarga ).

Mengatasi kenakalan remaja berati menata kembali emosi remaja, Kasus Kenakalan remaja terjadi karena pengaruh pergaulan anak yang kurang baik.Seperti pengaruh temen yang tidak benar. Masa Remaja ialah periode transisi dari anak remaja menuju dewasa, Pada Usia ini Kerap sekali ditemukan perilaku beresiko yang bisa mengarah ke tindakan kriminal .

Di kutip dari WIKIPEDIA kenakalan Remaja disebabkan oleh dua faktor yaitu dari diri sendiri dan orang lain, Biasanya penyebab kenakalan anak bisa terjadi dari bawaan anak itu sendiri atau dari keluarga atau dari Lingkungan itu sendiri. Banyak sekali kita lihat kenakalan Remaja ini dapat menimbulkan kriminal lainnya seperti : Pembunuhan, Pencurian , Perampokan,Tawuran antar pelajar, Mabuk-mabukan, dan lainya.

Berikut ini adalah penjelasan Mengenai ke 2 faktor tersebut :

Faktor Internal
Penyebab Kenakalan Remaja yang di dorong oleh faktor internal dapat disebabkan oleh control diri yang lemah ( Juvenile Delinguency ) terjadi akibat control yang lemah di mana mereka tidak mampu mengendalikan dirinya untuk menghindari perilaku nakal.

Faktor Eksternal
Penyebab kenakalan remaja yang di dorong faktor eksternal yaitu kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua, anak merasa tidak diinginkan.Hal ini bisa membuat anak mencari pelampiasan dan perhatian minimnya tentang moral agama ( Attitude ), Jika anak kurang / tidak memiliki pemahaman agama sama sekali hal ini bisa mendorongnya melakukan perbuatan yang melanggar norma.

Berikut cara mengatasi Kenakalan Remaja yaitu seperti kita sebagai orang tua memberikan ruang bagi anak atau kebebasan dari orang tua, karena anak remaja itu belum dewasa masih dalam tahap perkembangan menuju kedewasaan, Mengganti sikap keras dengan sikap tegas. Ingat. sikap keras dan sikap tegas itu berbeda. Tegas tidak perlu dilakukan dengan emosi atau suara yang tinggi. Dan Orang tua bisa mengawasi pergaulan anak, Pergaulan anak ibarat pisau bermata dua, dan Ibu tidak perlu bersikap berlebihan sampai membatasi pergaulan anak dan bisa dengan memahami perasaan anak.

Cara mengatasinya juga bisa dengan orang tua dan anak saling terbuka dan tidak ada yang di tutup- tutupi ,dapat membantu orang tua dan anak remaja memiliki komunikasi yang baik, Dengan Komunikasi yang terbuka anak akan menjadi lebih paham tentang batasan dan peraturan yang ada,

Oleh : Putri Ifani Dia