Menolak ! Budaya Ditelan Zaman

PASIRPENGARAIAN – 1.086 macam budaya yang tersebar dari Sabang – Merauke dan banyak yang telah terkenal hingga pelosok dunia. Setiap pulau bahkan di setiap Provinsi yang ada di Indonesia, 34 provinsi 2 mempunyai budaya sendiri, bahkan berbeda satu dengan yang lainnya. Paling unik lagi, 1 provinsi tak hanya mempunyai satu kebudayaan, namun setiap Kabupaten/ Kota dalam satu Provinsi juga banyak terdapat budaya lokal yang juga mendunia.

Budaya dulu adalah kebiasaan orang masa lampau yang di lakukan secara sadar serata dilakukan atas dasar sepakat antar manusia sekitar, sehingga bisa di jadikan sebagai alat komunikasi antar sesama manusia bahkan juga alat komunikasi ke Yang Maha Agung.

Tak hanya satu atau dua puluh tahun lamanya, bahkan sudah berjalan selama ratusan ribu tahun kebiasaan itu di lakukan. Banyak perbedaan ataupun sudut pandang, namun indah di lihat tanpa adanya perselisihan.

Namun dimasa sekarang, budaya mulai di kesampingkan bahkan mulai di jadikan amunisi perpecahan yang di dasari atas keyakinan. Wajar hal ini terjadi di masa sekarang, karena kurangnya pemahaman akan sejarah dari budaya maupun keyakinan yang ada di Indonesia. Karena ketidak tahuan yang sangat dalam, mengakibatkan rasa tak ingin tau diri orang terhadap hal yang sudah ada. Bahkan menganggap paham padahal tidak paham.

Budaya dan keyakinan di Indonesia sudah berjalan beriringan dari masa ke masa, toleransi lah yang membuat budaya dan keyakinan dapat berjalan sejajar di kehidupan bermasyarakat. Tentunya dari hal ini kita yang diberi amanah menjaga kekayaan budaya dari fisik maupun non fisik yang menjadi kebanggan Indonesia di mata dunia.

Penulis : Kusnanto D.T