MENUJU PILKADES SERENTAK TAHUN 2022 Pemkab Gelar Rakor Bersama Camat Se Rohul

PASIRPENGARAIAN – Beberapa pekan menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul gelar Rapat koordinasi (Rakor) bersama dengan seluruh Camat se Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (16/11).
Dalam rakor yang dilaksanakan di Lantai III Kantor Bupati Rohul Komplek Pemda Pasir Pengaraian tersebut, dipimpin langsung oleh Asisten 1 Setdakab Rohul, Fhatanalia Putra serta turut dihadiri oleh Plt kepala DPMPD Rohul Prasetyo, Kasatpol PP dan Damkar Rohul, Ridarmanto, Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemkab Rohul serta Camat se Kabupaten Rokan Hulu.
Disampaikan Asisten 1 Fhatanalia Putra, bahwa kegiatan Rapat kali ini guna mengevaluasi persiapan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 8 Desember 2022 mendatang.
“Alhamdulillah sejauh ini seluruh tahapan Pilkades tersebut sudah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” kata Asisten 1, Fhatanalia Putra.
Walaupun sejauh ini sudah sesuai dengan prosedurnya, Pria yang akrab disapa Fatah tersebut juga tetap mengingatkan kepada seluruh Camat untuk tetap mengikuti atau mentaati seluruh tahapan yang ada sesuai perundang-undangan.
“Sampai saat ini sudah sampai pada tahapan pendaftaran Bakal Calon, untuk penetapannya akan diumumkan pada tanggal 22 November 2022, jadi sekarang masuk ke tahapan memasukkan berkas bagi calon-calon yang sudah mendaftarkan,” tambah Wabup.
Agar Pilkades serentak se Kabupaten Rokan Hulu dapat berjalan lancar, dimana tidak ada kerusuhan maupun persoalan selama pelaksanaan pilkades, Fhatanalia mengajak kepada seluruh Camat, Kades maupun masyarakat untuk dapat menjaga ketertiban, keamanan selama proses pelaksanaan Pilkades.
“Kita berharap kegiatan Pilkades ini dapat berjalan aman dan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah disiapkan, jangan sampai pilkades ini mengganggu stabilitas dan ketentraman di tengah masyarakat,” ungkap Fatah.
Sementara itu, masih ditempat yang sama Plt DPMPD Rohul, Prasetyo menjelaskan ada 195 bakal calon Kepala Desa yang terdaftar dalam data Pilkades serentak Rohul tahun 2022, 187 diantaranya adalah laki-laki, sedangkan 8 lainnya adalah perempuan.
“Ada satu Desa yakni Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu yang Bakal Calon Kepala Desanya lebih dari 5 orang, maka untuk di Desa ini akan diperlakukan seleksi tambahan,” jelas Prasetyo.