Meretas Kemiskinan di Rohul, Bupati Sukiman Launching Aplikasi E Bangkit

PASIRPENGARAIAN – Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman melaunching secara resmi Aplikasi Pengembangan Penanganan Kemiskinan terpadu (E-Bangkit) oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rokan Hulu, Jumat (25/11) di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Komplek Pemda Pasir Pengaraian.
Turut hadir dalam launching Aplikasi E-Bangkit, Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, Sekretaris Daerah Rohul, M Zaki, Kepala Bapedda Rohul, Yusmar M.Si, Kepala Diskominfo Rohul, H Syofwan S.Sos, Ketua Baznas Rohul Baihaqi Adhduha, Ketua NPCI Rohul, Pius dan beberapa kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul.
Dalam kata sambutan Bupati Rokan Hulu, H Sukiman mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bappeda Kabupaten Rokan Hulu, atas inisiatif yang telah dibuat dalam usaha menciptakan inovasi dan kegiatan dalam hal penanggulangan kemiskinan dan kemiskinan ekstrim di Negeri Seribu Suluk.
“Dengan membangun Aplikasi E-Bangkit, kita dapat mengendalikan kemiskinan terpadu di Rohul,” jelasnya.
Dengan Aplikasi E-Bangkit sambung Bupati, menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan akurasi data kemiskinan yang saat ini kita hadapi. aplikasi ini mampu menyediakan data kemiskinan dan kemiskinan ekstrim secara lengkap, akurat, mudah diakses serta dapat diperbarui secara berkala.
“Aplikasi ini juga mampu mengidentifikasi apakah masyarakat miskin sudah terlayani dan sudah dapat akses pendidikan, kesehatan, air bersih, rumah yang layak huni dan semua kebutuhan dasar lainnya,” tambah Bupati.
Setelah data-data kemiskinan dan kemiskinan ekstrim berhasil di validasi lanjut orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk itu, barulah Pemerintah bisa menentukan langkah selanjutnya untuk penanganan terhadap penduduk miskin yang benar-benar tepat sasaran. salah satunya seperti penyerahan bantuan yang berasal dari zakat produktif yang telah dikumpulkan baznas Rokan Hulu dan penyerahan bantuan bahan makanan bagi masyarakat terdampak inflasi yang nantinya akan diserahkan.
“Kita berharap apa yang kita laksanakan pada hari ini berjalan sesuai harapan dan menjadi solusi yang terbaik bagi upaya percepatan penanggulangan kemiskinan dan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Rokan Hulu,” pungkas Bupati.
Sementara itu, Kepala Bappeda Rohul, Drs Yusmar M.Si mengatakan tingkat kemiskinan di Negeri Seribu Suluk mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya yakni hingga 10,40 persen pada tahun 2021.
“Adapun Output dari aplikasi E Bangkit ini yakni, tepat data, tepat orang dan tepat pada hasilnya,” jelas mantan Kadiskominfo Rohul tersebut.
Diakui Yusmar, aplikasi ini nantinya dapat dipergunakan oleh Dinas-dinas terkait seperti Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Rohul maupun Baznas guna meretas kemiskinan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.