Pemkab Akui Perbaikan Kinerja Perumda Rohul Jaya

PASIRPENGARAIAN- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mengakui membaiknya kinerja perusahaan umum daerah (Perumda) Rokan Hulu Jaya (RHJ) setahun belakangan sejak dipimpin oleh direktur utama, Marjeni Yahya, SE MM.
“Perumda di bawah dirut yang sekarang telah menunjukkan perbaikan manajemen. Terutama dari hal kewajiban pajak, yang mana selama ini terkendala, kini sudah mulai tertib. Meski dalam masa pandemi Covid 19 sejak tahun 2020 hingga hari ini, Perumda tetap eksis,” ungkap Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Rohul, El Bizri S.STP, M.Si kepada awak media Riausmart.com, Senin (01/02)
El Bizri menyebutkan, Perumda Rohul Jaya kini rutin menyetorkan pajak parkir dari Pasar Modern Pasir Pengaraian, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta retribusi sampah.
“Walau belum berbentuk kontribusi berupa keuntungan atau deviden, akan tetapi berbagai setoran ke kas pemerintah daerah tersebut merupakan suatu kewajiban dalam menjalankan usaha. Dibanding tahun sebelumnya, perbaikan internal Perumda sudah menampakkan hasil,” ungkap El Bizri.
Setelah tahun lalu Pemkab bersama DPRD Rohul sukses merevisi Perda Pendirian Perumda, El Bizri kini berharap agar revisi Perda Investasi yang sudah masuk agenda pembahasan di DPRD tahun 2021 juga akan berjalan lancar.
Sebagaimana diketahui, perubahan Perda Investasi bertujuan agar dana milik Perumda yang semula hanya boleh digunakan di bidang usaha kelistrikan, bisa digunakan untuk pengembangan usaha lain.
Dijumpai terpisah, Dirut Perumda Rokan Hulu Jaya, Marjeni, SE MM mengatakan, pihaknya telah memberi kontribusi kepada Pemkab Rohul dan pemerintah pusat.
Kontribusi kepada Pemkab berupa pelunasan tanggung jawab perusahaan, yakni melunasi pajak parkir, PBB, dan retribusi sampah.
Sementara kontribusi kepada pemerintah pusat berupa setoran PPh 21/23 dan PPN.
“Selama tahun 2020 masih ada peningkatan pendapatan meski dalam keadaan pandemi Covid 19. Kita mengalami kenaikan pendapatan sekitar 16 persen dibanding tahun 2019,” ungkap Marjeni.
Sama seperti El Bizri, Marjeni juga berharap Kepada Bupati Sukiman dan DPRD Rokan Hulu agar pembahasan revisi Perda Investasi dapat berjalan mulus sesuai rencana.
Setiap keuntungan dari usaha Perumda Rokan Hulu Jaya akan disetorkan sebesar 45 persen kepada kas daerah.