Pemkab dan Forkopimda Rohul Selangkah Lebih Depan Tanggulangi dan Antisipasi Bencana Alam

PASIRPENGARAIAN – Dalam menanggulangi Bencana Alam Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), telah melakukan berbagai langkah antisipasi seperti apel siaga bencana karhutla serta rakor bersama forkopimda dan stakeholder tingkat kabupaten.
Hal ini semakin dipertegas Bupati Rokan Hulu melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB), Jakarta Internasional Expo.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia , Joko Widodo (Jokowi) tersebut dihadiri juga oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto dan seluruh kepala Daerah Kabupaten/ Kota maupun Provinsi se Indonesia.
Bupati Rokan Hulu H.Sukiman melalui Juliandri Rosa selaku Kalaksa BPBD Rokan Hulu mengaku bahwa Presiden RI memesankan kepada seluruh Stakeholder baik Pemda maupun jajaran TNI Polri serta masyarakat untuk kedepannya lebih meningkatkan kewaspadaan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, kemudian Presiden juga menghimbau agar benar benar mengoptimalkan deteksi dini dalam pencegahan dan menekan dampak apabila terjadinya bencana.
“Bencana memang tidak bisa dihindari namun pencegahan bisa dilakukan sehingga apabila terjadinya bencana maka tidak akan menimbulkan kerusakan dan kerugian serta korban yang banyak” ungkap Kalaksa BPBD Rohul itu.
Diakuinya lagi, bahwa Presiden RI itu juga meminta kepada Aparat Penegak Hukum agar serius dan benar benar menindak tegas terhadap pelaku yang melakukan Bencana seperti Karhutla.
“Berdasarkan arahan Presiden bahwa diminta kepada seluruh Pemda untuk dapat mengoptimalkan ataupun menambah biaya terkait penanggulangan Bencana di Daerah masing masing, hal ini agar dalam menghadapi jika terjadi bencana dapat dilakukan maksimal dan tidak adalagi alasan kekurangan biaya,” tambahnya.
Sementara itu, Adapun tujuan penyelenggaraan Rakornas PB tahun 2023 yakni sebagai Penguatan kolaborasi dan sinergitas lembaga PB dari level pusat hingga ke daerah serta Identifikasi hambatan, tantangan, dan evaluasi capaian program PB di Daerah hingga tahun 2023 sekaligus Internalisasi dan penyelarasan rencana program PB Nasional-Provinsi-Kabupaten/ Kota dan antar daerah tahun 2023 dan 2024.