Pemkab Rohul Jadwalkan Penyambutan Jemaah Haji

PASIRPENGARAIAN – Beberapa hari menjelang kepulangan Jemaah Haji asal Kabupaten Rokan Hulu ke tanah air, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) jadwalkan untuk melakukan penyambutan Jemaah ke Negeri Seribu Suluk.
Hal ini disampaikan Kabag Kesra Setdakab Rohul, Umzakirman saat diwawancarai secara langsung oleh awak media Haluan Riau, Senin (01/08) pagi disela-sela kesibukannya.
Diakui Kabag Kesra, Umzakirman bahwa Jemaah Haji asal Rohul masuk dalam kloter 9, yang mana dijadwalkan berangkat dari Arab Saudi ke Tanah Air, pada 5 Agustus 2022 tepatnya pada pukul 02.30 WIB.
“Dari Ibukota Batam, Jemaah Haji asal Rohul selanjutnya akan diterbangkan kembali ke Bandara Sultan Syarif Kasih II, Pekanbaru,” tambahnya.
Setelah sampai di Pekanbaru lanjut Umzakirman, Jemaah Haji Rohul akan disambut oleh Pimpinan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, baik itu Bupati, Wakil Bupati maupun Sekda.
“Disana (Pekanbaru), Jemaah Haji sejenak akan berisitirahat di Embarkasi Antara Pekanbaru, dan selanjutnya akan diperiksa terlebih dahulu kesehatannya sesuai Protokol Kesehatan,” jelas Umzakirman.
Dia juga menambahkan bahwa panitia Haji Rohul akan memberlakukan isolasi mandiri bagi Jemaah Haji yang hasil pemeriksaannya terpapar Pandemi Covid-19.
“Kalau terpapar, kita isolasi terlebih dahulu, setelah itu baru kita perkenankan untuk kembali ke rumah bertemu kembali dengan keluarga,” sebutnya.
Untuk Jemaah Haji Rohul sendiri, diakui Umzakirman akan dikumpulkan terlebih dahulu di beberapa titik lokasi yang telah ditetapkan, sebelum nantinya dipulangkan ke rumah masing-masing.
“Titik kumpulnya itu, untuk Kecamatan Tandun dan Kabun akan dikumpulkan di Masjid Paripurna Kecamatan, sedangkan untuk Ujung Batu, Rokan IV Koto, Pendalian IV Koto, Pagaran Tapah dan Kunto Darussalam akan diturunkan di Masjid Al Ihsan, Ujing Batu, Sementara untuk Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir, Tambusai, Tambusai Utara, Kepenuhan dan Kepenuhan Hulu Bonai dan Bangun Purba, diturunkan di Islamic,” jelasnya lebih lanjut.
Ketika ditanya terkait kondisi jemaah Haji asal Rohul , Umzkairman mengakui seluruh Jemaah Haji hingga saat sekarang ini masih dalam keadaan sehat dan berdoa tetap akan terus sehat hingga pulang ke tanah air.
“Semoga sehat sampai ke Rokan Hulu dan sehat sampai ke rumah masing-masing” pungkasnya mengakhiri wawancara.