Pemkab Rohul Rayakan Peringatan Hari Ibu Ke-94, Sukiman : Pentingnya Peran Seorang Ibu

PASIRPENGARAIAN – Masih bersempena peringatan Hari Ibu ke-94 tahun, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bersama Forkopimda gelar Upacara Peringatan Hari Ibu tingkat Kabupaten Rohul, Selasa (27/12) di Halaman Kantor Bupati Rohul Komplek Pemda Pasir Pengaraian.
Upacara yang dipimpin oleh Bupati Rokan Hulu H Sukiman itu, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra, Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, M Zaki, Ketua TP PKK Rohul, Hj Peni Herawati dan Kepala Dinas maupun Badan di Lingkungan Pemkab Rohul lainnya.
“Pertama saya mengucapkan selamat hari Ibu ke-94, sesuai dengan tema tahun ini, ‘Perempuan berdaya Indonesia Maju,” kata Bupati Sukiman saat memimpin Upacara.
Dalam peringatan Hari Ibu, Bupati Sukiman sebagai orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk menjelaskan terkait peran penting seorang Ibu dalam pembangunan Kabupaten Rokan Hulu.
“Peran seorang Ibu itu sangatlah penting, selain dia harus memberi dan mempersiapkan makan untuk suami dan anak-anaknya, bagi yang bekerja di Pemerintahan, juga harus menjalankan tugasnya dengan baik,” jelas Bupati.
Selain daripada itu, diakui Bupati juga, bahwa kaum ibu-ibu yang bekerja sebagai dokter, Bidan dan perawat juga memiliki peran penting dalam penurunan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hulu.
“Oleh karena itu, apa yang telah dilakukan oleh kaum ibu-ibu ini patut untuk diapresiasi bersama,” tambahnya.
Atas apa yang telah diberikan oleh kaum ibu-ibu, Orang nomor satu di Kabupaten Rohul itu berharap seluruh daya, karya dan perjuangan Ibu senantiasa disertai dan diberkahi untuk Rohul yang lebih maju.
“Kita harapkan kaum perempuan di Rohul juga maju dan kreatif, mendidik dan menjaga putra putrinya, sehingga menjadi generasi yang unggul dan berprestasi,” harap Bupati.
Sementara itu, Ketua PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman ditempat yang sama mengaku sangat mengapresiasi Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022, khususnya Lomba Yel-Yel Suami Siaga dan Lomba PMT Balita (Lomba Makan Siang) untuk penanganan Stunting.
Disampaikan Hj Peni bahwa, peringatan Hari Ibu merupakan sebagai momentum untuk mendorong perempuan Indonesia guna menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya.
“Peringatan Hari Ibu tidak hanya sekadar peringatan ucapan terima kasih kepada para ibu yang telah melahirkan kita, melainkan lebih daripada itu, peringatan ini mendorong kita semua akan pentingnya peran dan eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” katanya.
Masih dalam kegiatan yang sama, Bupati Sukiman juga menyerahkan berbagai bantuan baik dari Dinas sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) maupun Dinas Perhubungan Rohul.