Pemkab Rohul Tunjuk Posyandu Muara Hati Desa Lubuk Bendahara Untuk Ikut Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Riau

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka mengikuti Lomba Posyandu tingkat Provinsi Riau, Bupati Rokan Hulu H Sukiman pimpin rapat koordinasi dan persiapan menjelang lomba dengan OPD terkait, Kamis (14/10) di Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati, Komplek Pemda Pasir Pengaraian.
Didampingi oleh Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, rapat turut dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Rohul Hj Sri Yulita, Kadis Kominfo Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Rohul Bambang, Kadis DPMPD Rohul Margono, Kapus Rokan IV Koto 1 Hj Kholida, Camat Rokan IV Alfarid Toha, Kades Lubuk Bendahara Rinaldi dan Kader Posyandu.
Dalam mengikuti Lomba Posyandu tingkat Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) sepakat menetapkan Posyandu Muara Hati, Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto sebagai objek penilaian Posyandu mewakili Pemkab Rohul.
Untuk indikator penilaian sendiri, terdiri atas  penilaian prestasi Kader Posyandu dan Kinerja pelayanan Posyandu.
Saat memimpin rapat, Bupati Rohul H. Sukiman mengaku bahwa diperlukannya kerjasama dan koordinasi lintas OPD untuk memperkuat kelembagaan dan mendukung program Posyandu menjelang penilaian lomba Posyandu tingkat Provinsi Riau kali ini.
“Secara keseluruhan program Posyandu sudah baik, hanya saja tinggal memoles. Karena pelayanan masyarakat yang berbasis Posyandu akan terus dikembangkan,” Kata Bupati.
Oleh karena itu tambah Bupati, dibutuhkan peran serta OPD dan seluruh komponen masyarakat untuk membangun dan meningkatkan kebersamaan, kepedulian, serta semangat gotong royong yang akhirnya dapat memenuhi layanan dasar masyarakat, seperti kesehatan.
“Kita berharap agar Posyandu Muara Hati berhasil meraih juara tingkat Provinsi Riau. Sehingga kedepan mampu memberikan motivasi, inovasi ataupun perubahan, dan juga menjadi model bagi posyandu lainnya, terkhusus di Kabupaten Rohul,” Tungkas Bupati.
Masih ditempat yang sama, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman berharap kepada OPD terkait untuk segera mengambil peran dan tanggungjawab dalam program Perencanaan Posyandu, Administrasi dan program inovasi Posyandu.
Sementara itu, Kepala Puskesmas Rokan IV Koto Hj Kholida Hosni S.ST M.KM mengaku jelang penilaian, Diskes Rohul sudah mulai melakukan bimbingan, terutama dalam bimbingan administrasi dan tatakelola posyandu.
“Saat ini yang menjadi perbaikan terkait masalah administrasi, ATK, dan membuat grafik dan spanduk. Karena program lain sudah berjalan baik, seperti Inovasi Posyandu, ternak ikan serta pengolahan ikan menjadi makan bergizi untuk anak,” ujarnya
Dalam penilaian Posyandu nantinya, Hj Kholida mengaku bahwa Posyandu Muara Hati sudah memiliki inovasi yang diberi nama Kokek Asam Bada (Kelompok kerja kader Atasi Stunting kematian anak ibu dan balita) .
“Dan tentu di dukung dengan membudayakan Gemar anak makan ikan agar gizi anak baik dalam 1000 hari pertama kehidupan,” Pungkas Kholida. (ADV)