Pilkades Usai, 2 Desa Ajukan  Gugatan Hasil Penghitungan Suara

PASIRPENGARAIAN – Pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se Kabupaten Rokan Hulu tahun 2022 dapat berjalan lancar dan sukses. Hal disampaikan oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman diwakili oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Rokan Hulu, Prasetyo.
“Pertama kami mengucapkan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Rokan Hulu tahun 2022 di 66 Desa, sehingga Pilkades dapat berjalan baik, aman dan damai seperti yang kita harapkan bersama,” katanya, Jumat (16/12).
Diakui Prasetyo, pasca pelaksanaan Pemungutan suara pilkades serentak pada 8 Desember 2022 lalu, ada beberapa Calon Kepala Desa yang merasa keberatan akan hasil penghitungan suara, yakni Calon Kepala Desa Koto Tinggi dan Desa Ujung Batu Timur.
“Sesuai dengan regulasi, calon kepala Desa yang keberatan akan hasil pemungutan suara, mereka berhak mengajukan keberatan kepada panitia pilkades dan selanjutnya panitia pilkades tingkat Desa berkoordinasi dengan Panwas tingkat Kecamatan untuk ditindaklanjuti dan diselesaikan ditingkat Desa maupun ditingkat Kecamatan,” jelasnya.
Prasetyo juga menambahkan, dari beberapa laporan yang diterima, rata-rata gugatan yang disampaikan terkait DPT dan beberapa masyarakat Desa yang tidak memiliki hak pilih.
“Dan ada juga laporan terkait adanya money politik,” tambahnya.
Ketika ditanya terkait pelaksanaan Pilkades serentak di tiga Desa, yakni Desa Sialang Jaya, Desa Kepenuhan Hilir dan Desa Kasang Mungkal yang ditunda, Plt Kepala DPMPD Rohul itu menjelaskan pelaksanaan Pilkades di tiga Desa tersebut akan dilaksanakan pada pilkades serentak di periode selanjutnya.
“Sesuai dengan kebijakan Pemerintah pusat atau Moratorium pelaksanaan Pilkades, maka diperkirakan Pilkades selanjutnya akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang,” jelasnya.