Pimpin Apel Siaga Karhutla 2022, Wabup Rohul Tekankan 6 Poin Ini

PASIRPENGARAIAN – Berbagai upaya antisipasi terjadi kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus digalakkan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), hal ini dipertegas dalam Apel kesiapsiagaan Bencana Karhutla Tahun 2022 yang dilaksanakan pada Jumat (01/04).
Kegiatan Apel yang dilaksanakan Halaman Kantor Bupati Komplek Pemda Pasir Pengaraian, dipimpin langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman diwakili oleh Wabup, H Indra Gunawan.
Turut hadir dilokasi, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Sekd Rohul M. Zaki, Kajari Rohul Pri Wijeksono, SH, Perwakilan Kalapas Kelas IIB B Pasir Pengaraian Era Irawan, Kalaksa BPBD Rohul Zuljandri Rosa S.Si. MM, Kepala OPD, Camat, Danramil, Polhut Rohul, Satgas Setia Krisna dan Seluruh Perusahaan Kelapa Sawit dan Perkebunan se Rohul.
Dalam kata sambutannya, Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla, dari tanggal 23 Maret sampai 22 April 2022 dilaksanakan Siaga Karlahut.
“Mari semua pihak kita bersama sama dalam mendukung kegiatan pemadaman dan pencegahan api. Apel siaga karhutla dilaksanakan memastikan tugas dengan baik personil dan materil dalam melaksanakan tugasnya,” kata Wabub
Ia menjelaskan, dari data yang diperoleh Luas lahan terbakar sejak 1 Januari hingga 30 Maret 2022 seluas 134 Hektar. Terkait Karhutla ini dapat dikendalikan petugas gabungan dengan baik.
Untuk mencegah terjadinya Karhutla, Wabup Rohul menekan 6 poin penting. Pertama, memprioritaskan pencegahan melalui hotspot dan gencar lakukan patroli serta edukasi masyarakat. Kedua, Pengontrolan harus sampai tingkat bawah dan Kades ajak tokoh masyarakat dan tokoh agama
“Ketiga, kita berharap semua pihak mencari solusi untuk menangani Karhutla. Keempat, lakukan penataan lahan gambut harus terus dilaksanakan. Kelima, jangan biarkan api membesar dan Langkah keenam, lakukan penegakan hukum di lakukan tanpa kompromi,” harapnya
Ia juga mengamanatkan Tim Satgas yang telah di bentuk harus bisa bekerja sama baik dalam pemadaman darat dan udara serta bisa bersinergi.
“Kepada seluruh personil, kami mengucapkan tetap semangat tetap solid. Terimakasih atas dedikasi dalam perjuangan dalam pencegahan dan penanganan Karlahut dengan mencanangkan langit biru di Provinsi Riau,” pungkasnya.
Sementara itu, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mengatakan terkait kasus kebakaran di Rohul, penyidik sudah melakukan penanganan melakukan penyelidikan dan penyidikan saat ini dilakukan pengumpulan alat bukti dan mengawal perkara tersebut sampai ke persidangan.
“Jadi kasus ini menjadi pelajaran bagi masyarakat dan korporasi agar membuka lahan dengan cara tidak membakar. Melalui Apel Kesiapsiagaan Karhutla ini sebagai langkah untuk mencegah terjadinya Karhutla. Diharapkan sinergitas kepada seluruh pihak agar selalu berkomitmen dalam pencegahan terjadinya Karhutla,” pintanya
Usia kegiatan Apel, Wabup Rohul H. Indra Gunawan bersama Kapolres dan undangan yang hadir melakukan pemeriksaan Pasukan Apel dan Peralatan Karhutla. Diakhir kegiatan juga dilakukan Pemusnahan barang bukti/Disponal Barang Bukti Hasil Kegiatan KRYD Menjelang Bulan Ramadhan oleh Polres Rokan Hulu.