Polres dan Forkopimda Rohul Tandatangani Deklarasi Bersama

PASIRPENGARAIAN – Forkopimda berkomitmen dalam mensukseskan tertib berlalulintas guna mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) Damai yang Berkeselamatan tahun 2024 di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).
Komitmen ini diwujudkan dalam penandatanganan Deklarasi bersama yang dilaksanakan di Komplek Pemda Rohul, Pasir Pengaraian, Ahad (21/01) pagi.
Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Rohul, AKBP Budi  Setiyono SIK MH serta dihadiri oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman diwakili Zulfikri, Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir  SH MH,  Ketua KPUD diwakili Divisi Teknis Penyelenggaraan Hj Fitriyati IS SE MM, Plh Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian, Suharno, Kajari diwakili JPU Stevano Aron Marbun, Ketua LAMR  Rohul diwakili Sekretaris, Datuk Tasmid.
Dalam kegiatan yang sama, juga dilaksanakan Pawai dengan rute perjalanan dari Komplek Perkantoran Pemda Rohul hingga Tugu Ratik Togak Jalan Tuanku Tambusai, Pasir Pengaraian. Tampak ratusan Polisi bersepeda dengan begitu antusias mengikuti kegiatan yang diinisiasi oleh Polres Rokan Hulu tersebut.
Disampaikan Kapolres Budi Setiyono, bahwa kegiatan yang deklarasi tertib berlalulintas yang dilaksanakan pada waktu itu guna mewujudkan Pemilu Damai yang berkeselamatan 2024 di Kabupaten Rohul.
“Keselamatan Berlalu Lintas saat ini telah menjadi Isu Global, WHO mencatat dalam setiap tahunnya Kecelakaan Lalu Lintas pada Negara berkembang di Asia Pasifik telah menyebabkan rata-rata 1,24 juta jiwa meninggal dunia, 50 juta jiwa mengalami luka-luka dan cacat tetap,” jelas Kapolres.
Sambung Kapolres, jumlah korban ini telah melampaui jumlah korban jiwa yang ditimbulkan akibat perang teluk antara Irak dan Iran yang berlangsung selama 8 tahun dimana mengakibatkan korban jiwa rata-rata sebesar 156.250 jiwa dalam setiap tahunnya.
Pada tahun 2023, menurut data Kamseltibcarlantas Korlantas Polri telah mencatat terjadi 152.008 peristiwa Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban Meninggal Dunia sebanyak 27.895, luka berat sebanyak 15.154, luka ringan sebanyak 180.920 dan kerugian materil sebesar Rp 307 Milyar.
“Untuk di wilayah Hukum Polda Riau sendiri, selama tahun 2023 Ditlantas Polda Riau mencatat terjadi 1.569 peristiwa Kecelakaan Lalulintas dengan korban Meninggal Dunia sebanyak 562 orang, luka berat sebanyak 377 orang, luka ringan sebanyak 1.836 orang dan kerugian materil sebesar Rp 8.4 Milyar,” paparnya
Dijelaskannya lagi, berdasarkan data IRSMS, setelah dilakukan Analisa mendalam bahwa 75% persen  korban kecelakaan lalu lintas adalah usia produktif (14 – 50 tahun) yang merupakan tulang punggung keluarga, sedangkan bagi korban yang menderita luka berat atau cacat fisik, tentunya akan menjadi beban bagi keluarga yang kemudian dapat berdampak pada situasi penurunan tingkat kesejahteraan Masyarakat.
“Dapat saya sampaikan bahwa terdapat 3 jenis pelanggaran lalu lintas yang diduga akan menjadi penyumbang pelanggaran terbesar selama proses Kampanye Pemilu 2024, seperti Penggunaan Knalpot Bronk, Penggunaan Angkutan Barang untuk mengangkut orang dan pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI,” ucapnya.
“Sebagaimana tujuan dari diadakannya kegiatan Deklarasi bersama ini, adalah untuk menyamakan Persepsi agar proses Kampanye Pemilu 2024 di Kabupaten dapat berlangsung damai dan memenuhi aspek Keselamatan Berlalu Lintas,” urainya.
Kapolres berharap rencanakan aktivitas mobilisasi pergerakan simpatisan dan pendukung kampanye secara tertib dan terorganisir, infokan kepada Polri terkait dengan rute yang akan dilalui.
“Kepada para simpatisan dan pendukung Kampanye agar mematuhi segala Peraturan dan Ketentuan Berlalu Lintas di Jalan Raya, Gelorakan tahapan Kampanye secara Damai dan Berkeselamatan sehingga situasi dan kondisi Kabupaten Roh tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.
Ditambahkannya, Kamseltibcarlantas yang baik merupakan Cerminan Budaya Bangsa, Bangsa yang Berbudaya merupakan salah satu Indikator keberhasilan Penyelenggaraan Pemilu 2024 yang Damai.
“Semoga kegiatan Deklarasi bersama ini menjadi Momentum bagi kita semua dalam mewujudkan Pemilu yang Damai dan Berkeselamatan 2024 di Kabupaten Rohul dan sebagai jalan pengabdian bagi kita semua kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara,” pungkasnya.