PT SPR Langgak Serahkan Pengawasan dan Pengamanan Lapangan Pendalian WK West Kampar

BANGKINANG – Dengan berakhirnya masa penugasan oleh SKK Migas kepada PT SPR Langgak dalam rangka pengawasan dan pengamanan Lapangan Pendalian Wilayah Kerja (WK) West Kampar pada tanggal 8 Februari 2023, maka PT SPR Langgak menyerahkan kembali pengawasan dan pengamanan Lapangan Pendalian WK West Kampar kepada SKK Migas.

Kegiatan ini ditandai dengan dilakukan handover (serah terima) pengawasan dan pengamanan Lapangan Pendalian WK West Kampar dari PT SPR Langgak ke SKK Migas yang selanjutnya tugas ini diserahkan oleh SKK Migas kepada PT Aserra Petrolindo Gemilang Westkampar Indonesia (PT APGWI) sebagai pengelola definitif yang telah ditetapkan oleh Pemerintah beberapa waktu yang lalu.

Acara penyerahan berlangsung di Hotel Novotel Pekanbaru (08/02/23), dihadiri oleh Rikki Rahmat Firdaus Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut beserta staff, Kompol Erol Ronny Risambessy Wakapolres Rokan Hulu, Ikin Faizal General Manager PT SPR Langgak serta staff dan Hasta Hartoko General Manager PT APGWI beserta manajemen PT APGWI.

Berawal dari penugasan yang diberikan oleh SKK Migas kepada PT SPR Langgak dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan tumpahan minyak mentah yang sempat terjadi di Lapangan Pendalian sebanyak dua kali. Dari sini, SKK Migas menugaskan kepada PT SPR Langgak sebagai KKKS terdekat dengan Lapangan Pendalian untuk melaksanakan penanganan tumpahan minyak mentah serta pengamanan di Lapangan Pendalian sejak tanggal 9 September 2021.

Dalam sambutannya, Ikin Faizal selaku General Manager PT SPR Langgak menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan dan berkontribusi dalam membantu pengawasan dan pengamanan Lapangan Pendalian selama masa penugasan PT SPR Langgak.

“Ucapan terima kasih yang tidak terhingga kami sampaikan kepada semua pihak yang terlibat, baik dari staff PT SPR Langgak, masyarakat sekitar daerah operasi maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, khususnya dari jajaran Kepolisian Resor Rokan Hulu yang telah banyak membantu selama masa penugasan PT SPR Langgak dalam melakukan pengawasan dan pengamanan di Lapangan Pendalian WK West Kampar” ujar Ikin Faizal.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus melalui kata sambutannya menyampaikan terima kasih atas bantuan dari PT SPR Langgak dan Polres Rokan Hulu dalam menjaga dan mengamankan Lapangan Pendalian WK West Kampar.

“Lapangan Pendalian merupakan open area, sehingga jika terjadi tumpahan minyak dapat menimbulkan permasalahan lingkungan disekitarnya. Oleh karena itu kami menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada PT SPR Langgak dan jajaran Kepolisian Resor Rokan Hulu serta masyarakat sekitar yang telah membantu mengawasi dan pengamankan Lapangan Pendalian WK West Kampar selama ini” ujar Rikki.

Rikky juga menyampaikan bahwa Pemerintah telah menunjuk PT APGWI sebagai Operator atau Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) WK West Kampar berdasarkan Kontrak Kerja Sama yang ditandatangani bersama Pemerintah tanggal 25 Januari 2023. Dengan demikian PT APGWI bertanggung jawab penuh terkait operasi dan pelaksanaan kegiatan usaha hulu termasuk pengamanan di WK West Kampar.

Dalam sambutannya, Hasta Hartoko selaku General Manager PT APGWI mengharapkan dukungan dan bantuan dari SKK Migas Perwakilan Sumbagut serta semua pihak baik dari Pemerintah Daerah, Kepolisian maupun dari masyarakat dan stakeholder lainnya dalam mendukung kelancaran operasional PT APGWI dalam mengelola Lapangan Pendalian WK West Kampar.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dan bantuan dari SKK Migas, Pemerintah Daerah, Kepolisian dan seluruh pihak dalam membantu proses perizinan, pertanahan dan keamanan. Sebagai operator baru yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, kami akan berupaya melaksanakan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi termasuk kewajiban untuk menjalankan aspek keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja di WK West Kampar sesuai dengan ketentuan yang berlaku” ujar Hasta.

Melalui acara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan dari SKK Migas kepada PT SPR Langgak sebagai apresiasi atas usaha yang telah dilakukan selama masa penugasan dalam menjaga dan mengamankan Lapangan Pendalian WK West Kampar. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus kepada General Manager PT SPR Langgak, Ikin Faizal.