Puncak Peringatan HAB Ke-78, Wabup Rohul Resmikan PLHUT dan Miniatur Ka’bah

PASIRPENGARAIAN – Bersempena puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) resmikan penggunaan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) serta fasilitas manasik haji berupa miniatur Ka’bah.
Diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kakan Kemenag Kabupaten Rokan Hulu, Zulkifli Syarif, Plt Kakanwil Provinsi Riau, Dr H Muliardi MPd, Kabid PHU Provinsi Riau, Dr H Syahruddin M.Sy, Plt Kaban Kesbangpol, Irvandri, M.IP serta Kepala KUA se Kabupaten Rokan Hulu lainnya.
Disampaikan Wabup, bahwa HAB ke-78 ini, merupakan sebuah momen yang menjadi cermin dedikasi dan pengabdian kepada nilai-nilai agama serta kehidupan beragama untuk menjadi sebuah momentum penting guna merefleksikan perjalanan panjang dalam menjalankan ajaran agama, sekaligus mengukir jejak positif dalam memperkokoh tali persaudaraan dan toleransi.
“Pada agenda syukuran ini, kami mengajak kita untuk senantiasa menggandeng erat keberagaman sebagai kekuatan utama dalam membangun harmoni dan kedamaian di tengah masyarakat, dengan memegang teguh nilai-nilai agama, kita dapat bersama-sama melangkah menuju kemajuan dan kesejahteraan bersama,” Kata Wabup.
Seiring dengan semangat Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78, Wabup mengaku bersyukur dapat melaksanakan peresmian gedung Pusat Layanan Haji Dan Umrah Terpadu (PLHUT), sebuah fasilitas yang nantinya menjadi pusat pelayanan utama bagi para jamaah yang akan menjalankan ibadah haji dan umrah.
“Peresmian gedung pusat layanan haji dan umrah terpadu ini adalah langkah besar dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji dan umrah,” terang Wabup.
“Gedung ini bukan hanya sebuah bangunan fisik, tetapi juga simbol dari komitmen kita untuk memberikan pelayanan terbaik dalam mendukung perjalanan spiritual umat Islam,” tambah Wabup.
Dengan adanya gedung ini, pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu berharap proses administrasi dan pelayanan terpadu kepada para jamaah dapat berjalan lebih efisien, memberikan kenyamanan, dan menjadikan pengalaman ibadah haji dan umrah lebih berkesan.
“Gedung ini juga menjadi tempat strategis untuk memberikan informasi dan edukasi terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah, sehingga para jamaah dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan tentu diimbangi dengan tenaga yang profesional, ramah,” harap Wabup.
Sementara itu, Kakan Kemenag Kabupaten Rokan Hulu, Zulkifli Syarif menjelaskan ada beberapa rangkaian kegiatan dalam peringatan HAB ke-78 pada tahun ini.
“Peringatan HAB kita pada tahun ini lebih fokus pada kegiatan bakti sosial, seperti penyerahan paket sembako kepada masyarakat korban banjir di Dusun Tanjung Pauh, Desa Tanjung Belit, Donor Darah, santunan perlengkapan alat sekolah bagi anak yatim dan puncaknya syukuran pemakaian gedung PLHUT serta miniatur Ka’bah sebagai tempat manasik haji nantinya,” terang Kakan.
Diakui Kakan Zulkifli, adapun anggaran yang terealisasi untuk membangun gedung PLHUT Kabupaten Rokan Hulu, memakan anggaran sebanyak Rp. 2 Miliar lebih.
“Sedangkan untuk miniatur Ka’bah ini, dibangun dari sumbangan para ASN di Lingkungan Kemenag Rohul, Sukarelawan, perbankan bahkan Wabup turut serta untuk menyumbang,” terang Zulkifli.
Peringatan puncak HAB ke -78 tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini tampak berjalan khidmat dan damai, dimana perwakilan kepala umat beragama lain, seperti Kristen, Nasrani dan lainnya turut hadir dalam meramaikan HAB ke-78.