Ratusan CPNS Terima SK dan Resmi Diambil Sumpah Jabatan

PASIRPENGARAIAN – Sebanyak 183 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021 jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) resmi menerima Surat Keputusan (SK) PNS sekaligus diambil sumpah/janji di hadapan pimpinan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
Pengambilan sumpah dan Janji dilakukan di Convention Hall Masjid Islamic Center Rokan Hulu, Pasir Pengaraian, Kamis (21/12).
Ratusan PNS yang diambil sumpah dan janji dilakukan langsung dihadapan Bupati Rohul H. Sukiman di wakili Sekda Rohul M. Zaki, S.TP.,M.Si di dampingi oleh Kepala BPKP Erfan Dedi Sanjaya,M.Si.
Dalam kata sambutannya, Sekda Rohul mengucapkan selamat kepada 183 calon pegawai negeri sipil Kabupaten Rokan Hulu formasi tahun 2021 yang telah menerima SK pegawai negeri sipil dan telah diambil sumpah dan janji PNS.
“Kami berharap, kedepan saudara dapat lebih meningkatkan semangat dan kompetensi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai aparatur negara, aparatur pemerintahan dan abdi masyarakat,” katanya.
Kepada ratusan pejabat fungsional yang telah dilantik dan diambil sumpah/ janji jabatannya, Muhammad Zaki juga berharap mampu mengembangkan diri secara profesional, merubah mindset, melaksanakan tugasnya sesuai keahlian dan keterampilan, mandiri dan profesional, disiplin serta bekerjalah dengan sepenuh hati sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“pengambilan sumpah janji PNS merupakan tahapan yang harus dilalui oleh seseorang CPNS ketika diangkat menjadi PNS, dimana setelah diangkat menjadi PNS, dituntut untuk mengucapkan sumpah pegawai atau janji pegawai negeri sipil. hal ini sesuai dengan bunyi Pasal 4 huruf (a) dan Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin pegawai negeri sipil,”tambahnya.
Mantan Kabid BAPPEDA Rohul itu juga menjelaskan bahwa pengambilan sumpah/janji PNS memiliki tujuan yakni sebagai bagian dari upaya pembinaan PNS sebagai aparatur negara dan abdi masyarakat.
“Kami ingin menekankan kepada yang diambil sumpah akan pentingnya integritas dan etika yang harus dilaksanakan dalam menjalankan tugas Pemerintahan. sebagai abdi negara, kita harus senantiasa memegang teguh prinsip-prinsip kejujuran, keterbukaan, dan pelayanan kepada masyarakat. kepercayaan masyarakat adalah modal utama dalam membangun pemerintahan yang bersih dan berwibawa di Rokan Hulu ini,” sebut Zaki.
Sementara itu, Kepala BPKP Erfan Dedi Sanjaya M.Si mengatakan bahwa CPNS menjadi diambil sumpah dan menerima SK PNS ini awalnya ada sebanyak 185 orang, Namun karena 2 orang telah berpulang ke Rahmatullah maka tinggal 183.
“Para PNS yang dilantik hari ini mereka para CPNS yang sudah lama mengabdi, bahkan ada yang 10 tahun mengabdi tanpa ada mengajukan perpindahan tempat bekerja, dan pelantikan hari ini kebanyakan dari tenaga Kesehatan,” katanya.
Dia juga menerangkan bahwa pelantikan ini telah sesuai dengan prosedur dan undang-undang yang berlaku.
“Proses pelantikan ini dilakukan secara transparan dan profesional sesuai dengan ketentuan yang ada. Kami berharap para PNS yang baru dilantik dapat segera beradaptasi dan memberikan kontribusi terbaiknya dalam menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat,” ungkapnya.