Ratusan pengurus PKK Ikuti Sosialisasi Peningkatan Kualitas Kader

PASIRPENGARAIAN – Ratusan kader PKK tingkat Kecamatan dan Desa se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendapat sosialisasi peningkatan kualitas Kader PKK tahun 2023, Rabu (25/10) di Convention Hall Masjid Islamic Center Rokan Hulu, Pasir Pengaraian.
Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H Sukiman tersebut juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Rokan Hulu Hj Peni Herawati Sukiman, Plt Kepala Dinas DPMPD Rohul, Prasetyo dan beberapa Kepala Dinas maupun Badan di Lingkungan Pemkab Rohul lainnya.
Dalam kata sambutannya, Bupati Sukiman mengaku sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan peningkatan kualitas kader PKK Kecamatan dan desa se kabupaten rokan hulu tahun 2023 ini.
“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi langkah konkret kita bersama dalam rangka meningkatkan kualitas kader-kader PKK di seluruh Kecamatan dan Desa yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” sebutnya.
Diakui Bupati, bahwa PKK sebagai organisasi yang memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun pondasi kehidupan keluarga yang lebih kuat dan mewujudkan keluarga sejahtera, dimana sangat memerlukan adanya peningkatan kualitas bagi segenap kader-kadernya yang berperan sebagai ujung tombak dalam merencanakan langkah-langkah strategis dalam rangka menciptakan masyarakat Rokan Hulu yang lebih baik, lebih sehat, dan berkualitas.
“Ada 5 langkah yang perlu kita laksanakan untuk meningkatkan kualitas kader PKK, seperti memberikan program pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan tuntutan zaman, menciptakan kolaborasi yang baik antara kader PKK, Pemerintah, dan berbagai pihak terkait lainnya, tetap terbuka terhadap inovasi dan ide-ide baru yang dapat membantu memajukan program-program PKK, selalu pantau dan evaluasi kinerja dan dampak program-program yang dijalankan serta membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha ekonomi kecil dan menengah,” jelas Bupati panjang lebar.
Menindaklanjuti berbagai pencapaian yang telah dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Rokan Hulu, H Sukiman juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras kader PKK sampai saat ini. Orang nomor satu di Negeri Seribu Suluk itu juga mengajak kepada seluruh kader PKK untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas diri, salah satunya melalui kegiatan pelatihan peningkatan kualitas kader PKK tersebut.
“Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus berjuang demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu, dengan senantiasa menjaga nilai-nilai kekeluargaan, gotong royong, dan kebersamaan,” sebutnya.
Masih ditempat yang sama, Ketua panitia pelaksana, Irdaningsih SE mengaku kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman tentang Administrasi PKK, kapasitas dan menanamkan rasa percaya diri dan loyalitas bagi Pengurus PKK.
“Yang mana kader PKK ini merupakan sebagai fasilitator, perencanaan, pelaksanaan, pengendali dan penggerak PKK dimasing-masing jenjang untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK sesuai Hasil Rakernas Ke-IX Tahun 2021,” jelasnya.