Resmikan Kantor BUMDes Sumber Rezeki, Bupati Sukiman : Saya Sangat Senang

PASIRPENGARAIAN – Secara resmi Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman bersama Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman membuka Kantor Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Rezeki yang terletak di Desa Kota Raya, Kecamatan Kunto Darussalam, Rohul.
Bumdes Sumber Rezeki diresmikan Bupati Rohul secara langsung pada Rabu (23/02) tepatnya pada pukul 10.00 WIB.
Dihadapan para undangan pada waktu itu, Bupati Sukiman mengaku sangat senang melihat perkembangan seluruh Bumdes yang ada di Negeri Seribu Suluk, terutama Bumdes Sumber Rezeki yang mengembangkan berbagai unit usaha dengan SHU atau Laba sebesar Rp Rp 930.521.000.
“Saya melihat perkembangan Bumdes Sumber Rezeki Kota Raya ini bagus sekali. Saya meminta kepada Kades dan Pengurus Bumdes untuk mempertahankan bahkan ditingkatkan. Karena melalui Bumdes ini sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat,” Sebut Bupati.
“Saya berharap kedepannya Bumdes Sumber Rezeki ini semakin maju sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Kota Raya,” Tambahnya lagi.
Masih dalam kata sambutan yang sama, Bupati Sukiman menanggapi usulan masyarakat terkait kelanjutan pembangunan infrastruktur jalan, dimana Bupati mengaku akan berusaha melanjutkan pembangunan aspal di Desa Kota Raya.
“Tak hanya melalui APBD, kita akan menjemput anggaran dari Pemerintah Pusat, InsyaAllah apabila Allah SWT mengizinkan kelanjutan pembangunan jalan Desa Kota Raya, dalam waktu tidak terlalu lama akan mendapat keputusan, mari kita berdoa dan berikhtiar bersama, kita perjuangkan, dalam Minggu ini kita carikan anggaran ke Pusat,” Sebutnya lagi.
Masih ditempat yang sama, Kepala Desa Kota Raya, Agusrianto mengungkapkan total SHU Bumdes Sumber Rezeki tahun buku 2021 sebesar Rp 930.521.000. Masing-masing dari laba usaha unit kebun 354.036.000, Unit simpan pinjam 454.994.000, Pengembangan usaha kredit barang 26.808.000 dan Pengembangan usaha kredit tapak hunian 81.367.000.
“Alhamdulillah SHU Bumdes Sumber Rezeki dari tahun ke tahun terus meningkat. Keberhasilan ini tidak terlepas kerjasama masyarakat yang baik,” ujarnya
Dijelaskan Agus lagi, kunci sukses pengurus Bumdes dalam mengelola unit usaha, yakni Pertama, Pengurusnya sehat, karena seleksi pengurus ini sesuai dengan bidang kemampuan dan pengalaman.
“Kedua, Membangun kepercayaan masyarakat, kalau saat ini kepercayaan masyarakat Kota Raya sangat luar biasa, pengurusnya bagus masyarakatnya juga bagus. Sehingga Bumdes kita saat ini terus mengalami kemajuan,” ujarnya.
Agus juga menjelaskan terkait usulan masyarakat pembangunan jalan aspal, di Dusun II diperkirakan sepanjang 1.3 KM. Diakuinya Pembangunan jalan tahun 2020 di Dusun III terbukti selain meningkatkan akses juga meningkatkan perekonomian  masyarakat.
“Harapan kita mudah-mudahan bisa terealisasi. Karena jalan ini sebagai akses utama lingkungan pemerintahan dan pendidikan, selain itu jalan ini untuk akses peningkatan ekonomi masyarakat,” Pungkasnya.