Rohul Siap Ikuti Innovative Government Award 2024

PASIRPENGARAIAN – Diikuti oleh beberapa Kepala OPD terkait, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rokan Hulu (Rohul) gelar kegiatan Sosialisasi dan Rapat Teknis Penginputan Data Lomba Innovative Government Award (IGA) Tahun 2024.
Kegiatan yang dipusatkan di Aula Rapat Bappeda Rohul, Kamis (27/06) tersebut dibuka secara langsung oleh Kaban Bappeda Rohul Drs.H. Yusmar, M.Si.
Kaban Bappeda, Drs.H. Yusmar, M.Si menyampaikan bahwa Inovasi daerah ini merupakan kegiatan rutin yang menjadi program prioritas yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri.
“Tujuan utama dari kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan Pemda inovatif yaitu untuk memberikan motivasi bagi pemerintah daerah agar meningkatkan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada publik,” terangnya.
Dengan adanya kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan ini, diharapkan nantinya mampu meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.
“Tentunya penghargaan ini diberikan kepada Pemda yang berhasil melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah secara transparan dalam upaya meningkatkan pelayan publik, pemberdayaan masyarakat dan daya saing daerah,” tambahnya.
Diakui Yusmar juga, bahwa kegiatan ini merupakan suatu cara pengukuran dan penilaian terhadap penerapan pembaharuan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda) yang telah dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri, sesuai dengan urusan yang menjadi kewenangan daerah.
“Kegiatan awal rapat pada hari ini berfokus pada transisi penginputan manual ke digital, setelah setiap OPD terkait mengerti tentang sistem baru ini baru akan berfokus kepada Inovasi dan jadwal pelaksanaan lomba,” Tutup Yusmar.