Rohul Terima 18 Paket Bantuan Obat Isoman Dari Presiden RI

PASIRPENGARAIAN – Kabar membahagiakan datang dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang memberikan 18 paket bantuan obat ke Pemkab Rokan Hulu (Rohul) yang nantinya akan diserahkan kepada masyarakat menjalani Isolasi mandiri (Isoman).
Bupati Rokan Hulu, H Sukiman mengaku berterimakasih ke Presiden Joko widodo yang sudah memberikan bantuan obat ke masyarakat Rohul yang terpapar covid-19.
“Bantuan Obat ini cukup membantu kita di daerah, dalam upaya penanganan warga yang terpapar covid-19. Berharap, dengan obat bantuan dari pak Presiden dapat mempercepat kesembuhan warga yang terpapar sekaligus tingkatkan angka kesembuhan,” kata Bupati Sukiman, Selasa (17/08) sore pasca mengikuti Upacara penurunan Bendera Peringatan HUT RI ke 76 di Halaman Kantor Bupati Rohul.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Bambang Triono mengatakan, setelah diserahkan oleh Bupati Rokan Hulu, bantuan obatan tersebut selanjutnya akan disalurkan ke Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang yang kini sudah dijadikan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19
“18 paket bantuan obat Isoman dari Presiden yang di terima Pemkab Rohul tersebut terdiri dari paket isoman 1 berupa 6 baket berisi vitamin bagi warga dengan PCR positif tanpa gejala atau OTG,” Jelas Kadiskes Rohul, dr Bambang.
Selanjutnya tambah dr Bambang, Untuk paket isoman 2 sendiri yakni 6 paket berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman. Sedangkan untuk paket isoman 3 yakni 6 paket berisikan  obat dan vitamin bagi warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.
Diakui dr Bambang bahwa selain bantuan obat isoman dari Presiden, Pemkab Rohul juga menerima bantuan Oxigen Cosentrate merek GXHK Model HK-A90-50 W sebanyak 5 Unit dan 10 Pack BMHP Selang Nasal Canula dari yayasan Budha Tzu Chi yang disalurkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau.
“Presiden Jokowi berikan bantuan 600.000 paket obat isoman gratis untuk rakyat. Rinciannya, 300.000 paket obat untuk masyarakat di Pulau Jawa dan Bali dan sisanya untuk masyarakat di luar Jawa dan Bali,” Tambah Kadiskes Rohul
Untuk pasokan paket obat isoman gratis akan disiapkan Kementerian BUMN yang diproduksi BUMN, yang bergerak di bidang farmasi. Lalu pendistribusiannya akan dikoordinasikan Panglima TNI yang akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat sampai ke pemerintah desa dengan melibatkan puskesmas, Babinsa dan pengurus RT/RW.