Sekda Rohul Tinjau Persiapan Pembukaan MTQ XXIII Tahun 2023

PASIRPENGARAIAN – Tepat pada hari besok Kamis (23/02), Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan melaksanakan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIII tahun 2023 tingkat Kabupaten Rokan Hulu.
Kegiatan MTQ yang mengangkat tema ‘’Dengan Membumikan Al-Qur’an di Kabupaten Rokan Hulu Kita Songsong Masyarakat yang Maju dan Sejahtera’’ ini nantinya diawali dengan pengajian akbar bersama dengan Ustadzah Mumpuni Handayayekti di Halaman Kantor Bupati Rokan Hulu Komplek Pemda Pasir Pengaraian diikuti Pelantikan Dewan Hakim yang akan dilaksanakan di Ruang Sholat Islamic Centre.
Sedangkan untuk Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Rokan Hulu ke XXIII sendiri nantinya akan dipusatkan di Purna MTQ Dataran Tinggi Pematang Baih, Pasir Pengaraian.
Untuk memastikan pelaksanaan MTQ XXIII tahun 2023 tingkat Kabupaten Rokan Hulu berjalan lancar, Sekretaris Daerah Setdakab Rohul, Muhammad Zaki S.STP M.Si melakukan peninjauan di sekitar wilayah Purna MTQ Daratan Tinggi Pematang Baih, dalam keterangannya persiapan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023 hingga kini telah mencapai diangka 70 persen.
“Sampai hari ini persiapannya sudah mencapai diangka 70 persen, dan nantinya kita akan melakukan finalisasi, hingga sore ini kita akan melakukan gladi bersih untuk mencapai diangka 100 persen,” jelas Sekda saat melakukan peninjauan persiapan MTQ XXIII di Daratan Tinggi Pematang Baih, Rabu (22/02).
Pelaksanaan MTQ XXIII tahun 2023 tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini nantinya akan berlangsung selama 5 hari, dimulai sejak 23 hingga 27 Februari 2023 mendatang.
Dimana dalam pembukaan MTQ sendiri nantinya akan dilaksanakan defile dari perwakilan 16 kafilah kecamatan yang ada di seluruh Kabupaten Rokan Hulu.
Sementara itu ditempat terpisah, Kakan Kemenag Rohul H Zulkifli Syarif SAg MPdI menjelaskan pelaksanaan MTQ ke-23 akan memperlombakan seluruh cabang. Di antaranya cabang tilawah akan dilaksanakan di Astaka Utama Pematang Baih, Cabang Syarhil Qur’an dan Fahmil Qur’an di Convention Hall Islamic Center Rohul.
Sedangkan untuk Cabang Hifzhil Quran dipusatkan di Masjid Agung Islamic Center Rohul. Untuk Cabang Khattil Qur’an dilaksanakan di  MTSN 3 Rohul.
Dalam pelaksanaan MTQ XXIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu turut mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan keagamaan dalam upaya membumikan Al-Quran di tengah masyarakat Negeri Seribu Suluk.