Tamat SD, Pria di Rohul Ciptakan “Motor Kancie” Dari Barang Bekas

PASIRPENGARAIAN – Terinspirasi dari susahnya masyarakat dalam melansir buah kelapa Sawit, Hapiansyah (34) warga Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan, Rokan Hulu (Rohul) ciptakan “Motor Kancie (red: motor Kancil).
Motor yang dirakit dengan menggunakan bahan dan alat-alat bekas seperti mesin Robin, batangan sepeda, besi angker dan alat bekas lainnya tersebut berhasil menciptakan alat transportasi baru yang diberi nama Motor Kancie.
Pria tamatan Sekolah Dasar tersebut mengatakan, terciptanya Motor Kancie berawal dari hobi dan keprihatinannya kepada saudara yang berprofesi sebagai petani sawit dan kesulitan dalam melangsir buah berwarna oranye tersebut ke tepi jalan.
“Selain untuk melangsir buah sawit, Motor Kancie rencananya juga bisa digunakan sebagai alat transportasi pertanian lainnya,” jelas Hapiansyah.
Diakui Hapiansyah, dalam perakitan motor Kancie, seluruh alat menggunakan bahan bekas.
Walaupun hanya mengenyam pendidikan hingga bangku Sekolah Dasar, nyatanya tidak membuat Hapiansyah berkecil hati.
“Semua karena hobi, ini saja bahan-bahannya masih ada yang kurang,” jelas Hapiansyah mengiba.
Disampaikan Hapiansyah, sejauh ini Motor Kancie belum selesai sepenuhnya, namun akan diselesaikan dalam waktu dekat.
“Untuk sejauh ini sudah 80 persen, sisanya akan diselesaikan dalam satu atau dua Minggu kedepan” terus Hapiansyah.
Terciptanya motor Kancie nyatanya mendapat perhatian Kepala Desa Kepenuhan Timur, Azhar AS.
Disela kesibukannya, Azhar meninjau perakitan Motor Kancie dan memberi motivasi serta apresiasi kepada karya anak bangsa tersebut.
“Satu motor kreatif hasil karya pemikiran dari Hapiansyah sudah hampir rampung, diperkirakan 1 (satu) minggu lagi sudah bisa di uji coba dan memasuki uji kelayakan di Pemerintahan Desa,” ungkapnya.
Kades Kepenuhan Timur, Azhar melakukan kunjungan dalam perakitan “Motor Kancie”
Lanjut Azhar, selanjutnya Pemerintah Desa Kepenuhan Timur akan melakukan kerja sama dengan Hapiansyah untuk membuat rakitan motor Kancie sebagai pelangsir buah sawit.
“Karena di daerah kita ini, penghasilan masyarakatnya dari perkebunan sawit, maka kedepan kita Pemerintah Desa akan melakukan kerja sama dalam membuat rakitan motor kreatif untuk  melangsir buah sawit warga,” tambahnya.
“Semoga hasil kerja sama kedepan nantinya bisa sukses dan mengenalkan karya anak Desa Kepenuhan Timur ini dikancah Nasional bahkan Internasional,”tukasnya.
Sementara itu Ismail Dt Podano Montoi, tokoh adat Kecamatan Kepenuhan mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya atas hasil karya dan pemikiran warga Desa Kepenuhan Timur.
“Ini perlu kita berikan perhatian yang serius terhadap karya dan pemikiran yang Inovatif,” ungkap Ismail.
Selain itu Ismail juga berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu dapat memberikan apresiasi dan mendukung karya anak muda Desa Kepenuhan Timur tersebut.
“Karena kita lihat tujuannya amat mulia dan produktif yaitu menciptakan kendaraan sebagai alat bantu dalam hasil produksi perkebunan dan pertanian,” tambah Ismail.
Ismail juga berharap agar Motor Kancie dapat di beri hak paten produksi, sehingga dapat diperbanyak dan dimanfaatkan para petani di Kabupaten Rokan Hulu.