Terkait Karhutla, Kepala BPBD Rohul : Masih Terkendali

PASIRPENGARAIAN – Walaupun sebelumnya sempat terdapat titik api di beberapa wilayah di Kabupaten Rokan Hulu, namun Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Negeri Seribu Suluk hingga hari ini masih terkendali.
Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Julzandri Rosa, Senin (13/06).
Dijelaskan Julzandri Rosa, memang terdapat hotspot titik api di beberapa wilayah di Kabupaten Rokan Hulu, namun masih dapat terkendali.
“Untuk mengantisipasi tidak terjadinya karhutla di Kabupaten Rokan Hulu, kita daei BPBD Rohul secara inten, masif dan terus menerus melakukan patroli untuk di daerah-daerah rawan terjadinya Karhutla,” katanya.
Guna mengantisipasi terjadinya Karhutla, Julzandri mengaku telah melakukan himbauan dan arahan kepada masyarakat untuk tidak membuka kebun atau lahan dengan cara membakar.
“Kita sampaikan kepada masyarakat bahwa membuka lahan dengan membakar akan menyebabkan kerusakan lingkungan, pencemaran udara, serta membunuh makhluk hidup dan melanggar UU,” tambahnya.
Diakui Kepala BPBD Julzandri, terdapat beberapa wilayah yang menjadi titik prioritas penanganan Karhutla, seperti Kecamatan Rokan IV Koto Rambah Samo, Tambusai, Tambusai Utara dan Bangunan Purba.
“Sejauh ini kami sudah mencetak baliho dan Surat edaran Bupati tentang himbauan penanganan karhutla, serta menghimbau kepada Camat, Kades, dan aparatur Desa agar tetap waspada terhadap terjadinya Karhutla,” pungkasnya.