Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Rambah Hilir Keluarkan KRJ

PASIRPENGARAIAN – Dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu, Pemerintah Desa (Pemdes) Rambah Hilir Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu mengeluarkan Kartu Rambahhilir Jaya (KRJ).
Disampaikan Kepala Desa Rambah Hilir, Romi Juliandra SE kepada awak media Riausmart.com, Rabu (14/04) Kartu ini adalah salah satu upaya Pemdes Rambah Hilir dalam rangka memutus angka kemiskinan di Desa Rambah Hilir.
“Sebelumnya Kartu ini juga telah dilaunching dan diserahkan secara simbolis oleh Camat Rambah Hilir (12/04) kepada masyarakat kurang mampu di Desa Rambah Hilir,” jelas Romi.
Diakui Romi, Penerima kartu KRJ adalah masyarakat yang dianggap kurang mampu sesuai data usulan yang diberikan oleh masing-masing Kadus.
“Dan mereka (penerima KRJ) adalah yang kurang beruntung tidak mendapatkan manfaat bantuan Program Kartu Harapan atau PKH dan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) namun dianggap layak mendapatkan bantuan,” tambah Romi.
Lanjutnya, sebanyak 31 KK telah terdaftar sebagai penerima Kartu Rambahhilir Jaya dan mendapatkan beberapa manfaat dari kartu sakti tersebut.
“Manfaat dari kartu ini yang pertama yakni, bagi pemilik KRJ, mendapatkan bantuan pangan dan tunai, dimana penerima KRJ mendapatkan bantuan Sembako, seperti beras, minyak dan telur/sarden yang diberikan dalam jangka waktu sekali sebulan,” sebutnya.
Selain itu lanjut Romi, kartu Rambahhilir Jaya atau KRJ juga dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat, dimana penerima KRJ mendapat bantuan pinjaman sebanyak Rp 1 juta tanpa bunga.
“Untuk program ini akan segera dilaunching setelah hari Raya Idul Fitri, sehingga kami akan mendata ulang pedagang Kecil untuk mendapatkan bantuan tersebut, selanjutnya masyarakat dapat mengembangkan usahanya dan terlepas dari kemiskinan,” tambahnya.
Masyarakat yang terdaftar sebagai pemiliki Kartu Rambahhilir Jaya (KRJ) juga berkesempatan untuk mendapatkan bantuan rumah layak huni/bedah rumah, karena Pemdes Rambah Hilir juga telah mempersiapkan bantuan tersebut.
“Karena seperti yang kita ketahui bahwa bantuan rumah layak huni/bedah rumah ini terbatas, sehingga nantinya kami siapkan bantuan tersebut dalam bentuk versi Desa,” katanya.
Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Desa Rambah Hilir, disampaikan Romi juga bahwa Pemdes Rambah Hilir akan memberikan bantuan Beasiswa untuk tingkat siswa dan Mahasiswa.
“Hal ini dianggap penting, sehingga tidak ada lagi alasan masyarakat Rambah Hilir yang berhenti sekolah karena kekurangan biaya,”sebutnya.
Ditambahkan Romi, saat ini Pemdes Rambah Hilir juga tengah memberikan bantuan Pemberdayaan kelompok perikanan dan peternakan.
“Saat ini sudah ada satu kelompok yang sudah berjalan dan insyaAllah kelompok-kelompok lainnya akan segera dibentuk dan dikembangkan,” jelasnya.
Ketika ditanya terkait sumber dana program KRJ, Romi mengakui bahwa dana KRJ bersumber dari Dana Desa, PADes dan BUMDes Rambah Hilir.
“Hal ini sesuai dengan arahan Pemerintah pusat, sehingga kita fokuskan untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat untuk lebih baik lagi,” tutupnya.