UMKM Binaan PT SPR Langgak Memperoleh Penghargaan di Ajang Forum Kapnas Sumbagut

BATAM – UMKM binaan PT SPR Langgak menunjukkan kebolehannya pada ajang Pra-Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) Kegiatan Usaha Hulu Migas tahun 2022 yang diselenggarakan di Batam, Kepulauan Riau (7-8 Juni 2022).
Pada ajang tersebut, mitra binaan PT SPR Langgak mendapatkan penghargaan juara 2 untuk kategori video UMKM binaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terbaik.
Selain itu, stand pameran IKM Langgak Craft dan CV Raka Sadawira Utama sebagai UMKM binaan PT SPR Langgak yang diikutsertakan pada ajang tersebut senantiasa dipadati pengunjung, baik sekedar untuk berbelanja kerajinan yang berbahan baku lidi sawit sebagai produk unggulan dari IKM Langgak Craft, ataupun untuk memperoleh informasi seputar produk dan pola pengembangan UMKM yang telah dilakukan oleh PT SPR Langgak.
“Penghargaan ini merupakan apresiasi yang diberikan oleh dewan juri kepada kami terhadap upaya dan program pemberdayaan masyarakat yang telah dijalankan oleh tim humas kami selama ini”, ujar Susi Kardina Ria selaku SCM Manager PT SPR Langgak yang pada kesempatan tersebut mewakili perusahaan untuk menerima penghargaan.
Ikin Faizal GM PT SPR Langgak (batik merah, 2 dari kiri) berkunjung ke booth UMKM binaan PT SPR Langgak mendampingi Eva Refita Kadis ESDM Riau (paling kanan), Rikky Rahmat Firdaus Kepala SKK Migas Sumbagut (tengah), Bupati Siak H. Alfedri (paling kiri) dan Kepala DPMPTSP Riau H. Helmi D (baju garis-garis) pada Pra Forum Kapnas 2022 Wilayah Sumatra Bagian Utara di Batam.
Dia juga berharap, penghargaan yang diberikan dapat menjadi penyemangat bagi SPR Langgak untuk terus mengembangkan program yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat disekitar wilayah operasi Perusahaan.
Kegiatan Pra-Forum Kapnas yang diinisiasi oleh SKK Migas ini diikuti oleh seluruh KKKS Wilayah Sumbagut. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin komunikasi antara Pemerintah Daerah, Pelaku Usaha Hulu Migas dan Perusahaan Jasa Pendukung baik perusahaan nasional maupun lokal sehingga diharapkan dapat menciptakan efek berganda dari aktifitas operasional yang dilakukan KKKS.
Pada sesi Forum Group Discussion (FGD), Ikin Faizal selaku General Manager PT SPR Langgak mempresentasikan strategi PT SPR Langgak dalam mendorong multiplier effect dalam meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar wilayah operasi melalui 2 pendekatan.
“Approach pertama kami lakukan melalui CSR yang mana program yang telah disetujui oleh SKK Migas diimplementasikan dengan sebaik-baiknya sehingga tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, termasuk didalamnya pengembangan ekonomi masyarakat melalui pembinaan UMKM” ujarnya dengan penuh semangat.
Kemudian Ikin melanjutkan bahwa pendekatan berikutnya dilakukan dengan menaikkan kelas UMKM hingga menjadi vendor atau kontraktor.
“Approach kedua kami lakukan melalui bantuan aspek legalitas. Hal ini sangat penting karena umumnya UMKM kami dapati kesulitan dalam aspek ini. Selain itu, kami juga memberikan kursus atau sosialisasi terkait pembuatan laporan keuangan kepada UMKM lokal. Kegiatan ini ditangani langsung oleh tim finance dan legal kami yang saya minta turun langsung ke lapangan,” jelasnya sambil mengakhiri wawancara bersama awak Media.