Usai Serahkan JKM dan Beasiswa ke Ahli Waris, Bupati Rohul Ajak Masyarakat Daftar Jamsostek

PASIRPENGARAIAN – Melalui Bupati Rokan Hulu  H Sukiman, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Cabang Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), serahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) dan beasiswa ke ahli waris anggota Satpol PP Rohul.
Penyerahan JKM dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul  Komplek Pemda, Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah, didampingi oleh Wabup H.Indra Gunawan  dan pejabat Forkopimda, Senin (05/07).
Bupati Rohul, H.Sukiman mengakui bahwa jaminan kesehatan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, hal ini sebagai pelindung para pekerja dari kecelakaan dan kematian.
“Hal itu agar hak pekerja untuk mendapatkan perlindungan Jamsostek bisa terpenuhi,” Kata Bupati.
Oleh karena itu, Bupati Rohul, H Sukiman mengajak seluruh tenaga kerja, baik honor aparat desa, Kadus, RW, RT agar terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek dengan program kecelakaan kerja dan Kematian dengan iuran hanya Rp 16.200 per bulan untuk satu orang.
“Saya berharap masyarakat Rohul bisa ikut menjadi peserta BP Jamsostek, karena ini program pemerintah dan sudah terbukti banyak masyarakat yang dapat santuan. Seperti almarhumah Irmayanti mantan personel Satpol PP dan Damkar Rohul ini,” Tambah Sukiman.
Selain itu, Bupati juga berharap kepada keluarga ahli waris agar dapat memanfaatkan santunan JKM dan beasiswa oleh BP Jamsostek.
Sementara itu, Kepala BP Jamsostek Rohul Ridwan Lubis mengatakan santunan yang diberikan kepada ahli waris Heriyadi Susanto (suami almarhummah Irmayanti) yakni sebesar Rp 42 juta, hal ini sesuai PP No 82 Tahun 2019.
“Apabila masa iurnya sudah lebih 36 bulan maka mendapat beasiswa untuk 2 anak, yakni tingkat TK dan SD Rp1,5 juta per anak per tahun, tingkat SMP Rp2 juta per anak per tahun, tingkat SMA Rp3 juta per anak per tahun, dan Perguruan Tinggi Rp12 juta per anak per tahun,” kata Ridwan.
Ridwan juga menjelaskan bahwa Presiden Republik Indonesia, H Joko Widodo juga telah mengeluarkan Instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Jaminan Sosial ketenagakerjaan yang ditujukan kepada semua Kementrian, Gubernur, Bupati dan Walikota agar menjamin perlindungan ke pekerja dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
“Penyerahan santunan ini sebagai bukti bahwa program pemerintah melalui BPJamsostek untuk melindungi masyarakat pekerja Indonesia,” Tutup Ridwan.
Sebagai informasi Almarhummah Irmayanti, merupakan personel satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dsn Damkar) Rohul. Ia meninggal dikarenakan sakit. Almarhumah juga sudah jadi peserta BP Jamsostek terhitung April 2017.