Wabup dan Forkopimda Rohul Ikuti Rakor Penanganan Karhutla Bersama Gubri

PASIRPENGARAIAN – Dalam upaya penanggulangan dan pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Riau, terkhusus Negeri Seribu Suluk, Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Karhutla bersama Gubernur Riau secara Virtual, Senin (11/04).
Pasca mengikuti Rakor yang diikuti oleh Wabup Rohul di Ruang Rumah Dinas Bupati Rohul, Komplek Pemda Pasir Pengaraian, H. Indra Gunawan mengaku ada beberapa poin penting yang disampaikan Gubri untuk pengendalian Karhutla.
“Dalam Rakor tadi Gubri meminta untuk mendirikan posko satgas karhutla, membentuk masyarakat peduli api, mengoptimalkan embung hal ini akan kita upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Rohul,”ungkap H Indra Gunawan.
Diakui Pria yang akrab disapa Ujang Lurah itu, bahwa Jumlah titik api dan hutan terbakar di Kabupaten Rokan Hulu hingga pertanggal 8 April 2022 sebanyak 179 hektar.
“Alhamdulillah ini juga sudah terkendali sudah bisa dipadamkan semuanya, hendaknya kedepan apalagi Rokan Hulu ini wilayahnya perbukitan, rawa atau pun gambut di Bonai Darussalam perlunya kerjasama dan kesadaran seluruh masyarakat akan membuka lahan dengan cara tidak membakar,” tambahnya
Wabup juga menyampaikan kepada Tim Satgas Karhutla Kabupaten Rokan Hulu tetap bekerja sama dan menghimbau kepada masyarakat bahwasanya membuka lahan bukan untuk tidak dibakar.
“Buka lahan silahkan tapi dengan cara tidak membakar, sesuai arahan Gubri tadi Tim Satgas Karhutla Rohul akan mendirikan posko tim Satgas Kabupaten hingga sampai ke Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,”
Wabup menjelaskan ada 4 Kecamatan yang rawan terjadinya Karhutla, seperti Kecamatan Rokan 4 Koto, Kecamatan Tandun, Kecamatan Rambah Samo dan juga Kecamatan Bonai Darussalam. Tentu ini hotspot terhadap titik-titik ini perlu sinergitas Tim Satgas ke depan untuk melakukan patroli rutin terhadap daerah yang rawan Karhutla.
“Kita juga akan menindak tegas pelaku pembakar Karhutla yang disampaikan aparat penegak Hukum dari Polres dan Kejari Rohul. Terhadap pelaku pembakar lahan ini akan kita tindak tegas agar ada efek jera bagi pelakunya,” pungkasnya.
Sebagai informasi, turut mendampingi Wabup dalam rakor Pj Sekda Rohul M. Zaki SSTP, Kasi Intelijen Kejari Rohul Ari Supandi SH MH, Kabag Ops Polres Rohul, Kadiskominfo Rohul H. Sofwan S.Sos, Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si, Kalaksa BPBD Rohul Zuljandri Rosa S.Si MM, Kadis DLH Suparno, Kadisnakbun Agung Nugroho dan OPD terkait. (ADV)