Wabup Dorong Perusahaan Bermitra Dengan Kelompok Tani

PASIRPENGARAIAN – Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan himbau dan ajak seluruh perusahaan yang ada di Negeri Seribu Suluk untuk dapat bermitra dengan kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.
Hal ini disampaikan Wabup pasca menutup Kegiatan Pelatihan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Petani dan Pembagian Cendramata dari Perusahaan Mahato Inti Sawit (PT MIS) yang dilaksanakan di Balai Desa Bangun Jaya,  Kecamatan Tambusai Utara, Rohul.
Dalam pengakuannya, Wabup Indra Gunawan mengapresiasi PT MIS yang sejak berdirinya hingga sekarang telah melakukan kerjasama dan bermitra dengan kelompok tani maupun masyarakat di sekitar perusahaan.
“Ini sebagai motivasi juga untuk perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, dimana PT MIS bisa bermitra dengan 5 kelompok tani yang ada di Desa Mekar Jaya dan Bangun Jaya ini,” kata Wabup, Selasa (18/10).
Diakui Wabup ada sebanyak 2.532 Kelompok Tani yang tersebar di seluruh penjuru Kabupaten Rokan Hulu, yang mana kebanyakan diantaranya adalah kelompok tani kebun sawit.
“Bila dikalkulasikan antara kebun masyarakat dengan kebun perusahaan baik BUMN maupun swasta, maka lebih banyak kebun masyarakat, oleh karena itu untuk kedepannya kita harapkan perusahaan dapat bermitra dengan kelompok tani yang ada di Kabupaten Rokan Hulu,” harap wabup.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Rokan Hulu,, Samsul KamarS.Hut M.Si dalam acara yang sama menjelaskan adapun tujuan dilaksanakan pelatihan ini bagi para petani untuk meningkatkan kapasitas para petani.
“Petani kita sebagian besar berkelompok dan sebagian besar belum mengetahui tata cara bercocok tanam yang baik, oleh karena itu melalui kegiatan ini kita berharap berkembangnya kelompok-kelompok tani di daerah kita, dan para petani lebih mengerti cara bercocok tanam yang baik dan benar,” kata Samsul.
Dengan berkelompok lanjut Samsul, pada petani dapat meningkatkan kualitas buah sawit, sehingga Pemerintah dapat mendorong pihak perusahaan untuk membeli buah dari para petani sesuai dengan harga Pemerintah.